iklan zonasultra

Perjalanan Mudik ke Muna, Seorang Ibu Melahirkan di Kapal

Perjalanan Mudik ke Muna, Seorang Ibu Melahirkan di Kapal
PEMUDIK MELAHIRKAN - Salma (24) pemudik yang melahirkan di klinik kapal KM Dobonsolo, bersama putrinya yang baru lahir melakukan pemeriksaan di Klinik Bersalin KM Dorolonda sesaat sebelum turun di Pelabuhan Murhum Kota Baubau, Sabtu (1/6/2019) malam. (M6/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Seorang penumpang mudik jalur laut armada PT Pelni, KM Dorolonda rute Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menuju Kota Baubau, Sulawesi Tenggara mesti bersalin di tengah pelayaran. KM Dorolonda bertolak dari Makassar pukul 10.00 Wita dan tiba di Pelabuhan Murhum, Baubau pukul 23.00 Wita.

Pemudik itu bernama Salma (24) sedang dalam perjalanan mudik menuju kampung halamannya, Kabupaten Muna. Ia berhasil melahirkan putri pertamanya di klinik persalinan KM Dorolonda. Proses persalinan itu ditangani seorang dokter kapal, dr Ata dan beberapa bidan.

Menurut Ata, putri Salma lahir dengan kondisi normal. Berat badan bayi itu 1,7 kilogram dan panjang badan 47 cm.

“Alhamdulillah, ibu dan bayi dalam kondisi baik. Namun tetap harus mendapat perawatan di klinik atau rumah sakit,” ujarnya.

Baca Juga : ASDP Baubau Angkut 19.572 Pemudik di Rute Terpadat

Pasien dan bayinya kemudian dirujuk di Rumah Sakit Siloam Kota Baubau. Setelah dipastikan dalam kondisi baik, ia lalu diizinkan pihak rumah sakit untuk meneruskan perjalanan mudik, Minggu (2/6/2019) pagi.

Salma hendak pulang ke kempung halaman menemui sanak saudaranya pada momen Idul Fitri kali ini. Dari Makasaar dia melakukan perjalanan menuju tanah kelahirannya, Kabupaten Muna.

Sebelumnya, ia telah merasakan tanda-tanda akan melahirkan. Salma mengaku, saat masih di Kota Makassar sudah merasakan perutnya mulas namun tidak begitu menghiraukannya.

“Saya pikir itu cuma sakit perut biasa. Jadi saya dengan suami saya tetap memutuskan mudik,” ujarnya.

Salma sendiri baru melakukan mudik selama mengikuti suaminya yang bekerja di Kota Makassar, pasca melangsungkan pernikahan tahun lalu. (A)

 


Penulis: M6
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib