iklan zonasultra

Perjuangkan Tambahan Kursi DPR RI, Amirul Tamim Malah Nyalon DPD RI

anggota DPR RI asal Sultra, Amirul Tamim
Amirul Tamim

ZONASULTRA.COM, TANGERANG – Peluang menjadi anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara (Sultra) bertambah pada Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2019 nanti. Pasalnya, jatah kursi DPR RI Daerah Pemilihan (dapil) Sultra akan bertambah satu kursi sehingga menjadi enam kursi.

Tentu saja penambahan kursi ini tidak lepas dari peran anggota DPR RI asal Sultra, Amirul Tamim. Keberadaanya di Komisi II DPR RI mampu meraih kursi tambahan bagi dapilnya.

Namun ternyata Amirul tidak mencalonkan kembali sebagai anggota DPR RI, tetapi ia malah memilih bertarung sebagai anggota DPD RI pada pemilu 2019 nanti.

“Saya menambah kursi kan bukan untuk saya, tapi agar Sultra itu bisa ya minimal 6 orang lah wakil dari Sultra untuk legislatif,” ujar Amirul Tamim saat ditemui di Hotel Aryaduta Karawaci, Kota Tangerang, Selasa (3/7/2018)

(Baca Juga : Besok Pendaftaran Caleg Dibuka, Satu Anggota DPR RI Asal Sultra Tidak Maju Lagi)

Ia menuturkan bahwa tupoksi DPD lebih menitikberatkan pada jalannya pemerintahan khususnya di daerah. Selain itu berkaitan dengan pemekaran daerah dan pelaksanaan otonomi daerah.

“Jika melihat dari sistem penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia ini dengan sistem desentralisasi, kita melihat bahwa peran daerah sebenarnya sangat besar untuk memajukan bangsa ini,” terang Amirul.

Mantan Wali Kota Baubau ini mengungkapkan jika 549 daerah bergerak efektif dalam konsep penyelenggaraan pemerintahan, Amirul yakin negara ini bisa maju. Namun dalam perjalanan sistem desentralisasi dengan otonomi daerah ini perlu perhatian dari suatu lembaga yang memang utusan dari daerah-daerah dalam hal ini adalah DPD.

Perwakilan tiap daerah memiliki empat orang tersebut jika dapat disinergikan untuk memberikan dukungan, masukan dan pikiran melalui lembaga yang ada di tingkat pusat, anggita Komisi II DPR RI ini yakin dapat memberikan rekomendasi yang efektif u tuk pembangunan daerahnya.

“Kuncinya itu harus orang-orang yang paham dengan daerah. Tidak mengecilkan orang-orang yang duduk di DPD RI, tapi secara pribadi saya melihat dan juga melihat dengan beberapa senat yang ada di negara lain saya kira perlu pengalaman. Perlu kita duduk disitu,” ujar Amirul lebih lanjut.

Sebelumnya DPD RI sendiri sempat digoyang isu akan dibubarkan lantaran kontribusinya yang tidak jelas. Oleh sebab itu, Amirul ingin mencoba menjadi anggota DPD RI agar bisa memberikan sumbangsihnya. (B)

 


Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib