iklan zonasultra

Perluas Akses Pemukiman, Pemda Buton Buka Jalan Baru

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Buton Muhamad Rajulan
Muhamad Rajulan

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Guna memperluas akses pemukiman warga, Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka jalan baru di kawasan Desa Lapodi dan Warinta, Kecamatan Pasarwajo. Jalan baru ini juga untuk memperpendek jalur tempuh Pasarwajo-Baubau.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Buton Muhamad Rajulan
Muhamad Rajulan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Buton Muhamad Rajulan mengungkapkan, akses jalan baru yang dibuka pada kawasan Warinta hingga tembus perumahan dinas di Desa Lapodi tersebut untuk memperpendek jalur tempuh sekitar 9 kilometer dari Pasarwajo-Baubau.

“Awalnya jarak tempuh dari Pasarwajo menuju Lapodi mencapai 14 kilometer kini tinggal 5,7 kilometer sekitar terbuang 9 kilometer,” ujarnya.

Sebenarnya jalan yang baru dibuka itu sudah dimanfaatkan masyarakat dan Pemda Buton membuka kembali sehingga masyarakat dapat membuka kawasan pemukiman baru.

“Jalan itu sebenarnya sudah dimanfaatkan masyarakat pada zaman dulu, sekarang tinggal dibuka kembali dari gonda baru teletabis dekat perumahan lapodi jaraknya 5,7km,” ujarnya.

Sekarang jalur itu sudah dibuka namun belum bisa dipakai karena baru pengerasan. Karena keterbatasn anggaran nanti akan diprogramkan tahun ini, namun jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan roda.

“Jalan ini belum diaspal tapi sudah bisa dilalui dengan lebar 10 meter,” katanya.

Ke depan masih akan dicari jalur alternatif yang lebih dekat lagi jalur tempuh Baubau-Pasarwajo. Pekerjaan ini menggunakan anggaran DAK Rp 7,5 miliar tahun 2016 lalu, nanti tahun 2018 baru akan diaspal dan benahi lagi. (B)

 

Reporter : Nanang
Editor : Jumriati

iklan halo sultra 2018

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib