iklan zonasultra

Permandian Baros Jadi Alternatif Warga Koltim Habiskan Libur Lebaran

Permandian Baros Jadi Alternatif Warga Koltim Habiskan Libur Lebaran
PERMANDIAN BAROS - Permandian kolam renang Baros yang terletak di Desa Tawainalu, Kecamatan Tirawuta. (Samrul/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Libur Lebaran banyak dimanfaatkan masyarakat Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengunjungi tempat wisata. Salah satunya permandian kolam renang Baros yang terletak di Desa Tawainalu, Kecamatan Tirawuta.

Sejak Rabu (5/6/2019) hingga Kamis hari ini, lokasi wisata ini cukup dipadati pengunjung. Roy (49), warga Desa Gunung Jaya, Kecamatan Dangia mengaku ia bersama keluarga serta tetangganya berkunjung ke Baros untuk rekreasi, mengisi waktu libur lebaran.

Baca Juga : Libur Lebaran, Masyarakat Diimbau Hati-hati Bertransaksi Keuangan

iklan zonasultra

“Setiap tahun kalau lebaran atau libur kami pasti ke sini (Baros) bersama keluarga dan tetangga. Kita bersyukur adanya tempat permandian seperti ini. Kami juga tidak perlu terlalu jauh membawa keluarga menikmati waktu liburan,” kata Roy, Kamis (6/6/2019).

Berkunjung ke Baros menjadi alternatif liburan bagi keluarga Roy. Selain fasilitasnya lengkap, harga tiket masuk ke permandian juga murah atau terjangkau.

Permandian Baros Jadi Alternatif Warga Koltim Habiskan Libur Lebaran

“Hanya kalau bisa pemerintah daerah segera mengaspal jalan masuk menuju Baros agar nyaman ketika masuk ke lokasi permandian,” pintanya.

Pengunjung kolam renang Baros bukan hanya dari Kolaka Timur, sebagian pengunjung juga ada yang datang dari Kota Kendari.

Baca Juga : Libur Panjang, ASN Lingkup Pemprov Diminta Tak Tambah Libur

“Pemandangan di sekitar Baros asri, airnya segar dan alami. Fasilitasnya juga lengkap, ada musala, ada tempat bernyanyi (karoke keluarga), ada restoran, pokoknya tempatnya komplit, apalagi harganya terjangkau. Sangat tepat buat liburan keluarga,” ujar Hj. Nova, salah seorang pengunjung asal Kota Kendari.

Wanita berusia 54 tahun ini mengaku mengetahui informasi keberadaan Baros di Kolaka Timur melalui media sosial dan juga rekannya.

“Jadi saya penasaran dan memang benar lokasinya sangat bagus untuk memanjakan anak-anak di kala libur tiba. Hari ini kami datang bersama rombongan sampai tiga mobil,” tuturnya.

Pihak pengelola Baros, Bambang mengatakan, dua hari belakangan ini lokasi permandian miliknya ramai dikunjungi. Harga tiket masuk untuk dewasa sebesar Rp30.000, sedangkan anak-anak Rp20.000. Harga ini berlaku sama seperti harga di hari-hari biasanya.

“Fasilitas yang kami siapkan ada garden kid, ada water fly, ada komedi putar, ember tumpah, ada rosotan, dan taman bermain anak-anak dan lain-lain. Tujuan kami bagaimana pengunjung bisa puas berlibur di sini,” kata Bambang.

Baca Juga : Kapolres Kolut Tinjau Langsung Arus Mudik di Pelabuhan Katoi

Sumber air yang digunakan di permandian ini berasal dari mata air terjun pegunungan desa tetangga yakni Karimotingge. Jarak ke sumber air terjun dari lokasi permandian Baros kurang lebih dua kilometer.

Bambang mengungkapkan, usaha permandian Baros didirikan pada November 2016 lalu. Nama Baros diambil dari singkatan namanya dan istrinya, Rosita.

Baros Tawainalu berada sekitar 200 meter dari jalan poros trans Sulawesi-Kolaka Timur. Untuk sampai ke Baros, pengunjung harus melewati jalan yang belum beraspal.

Jalan itu merupakan jalan menuju Desa Karimotingge. Kebersihan permandian sangat diperhatikan oleh pihak pengelola sehingga nyaman untuk dijadikan sebagai salah satu ‘pelampiasan’ di hari libur. (a)

 


Kontributor: Samrul
Editor: Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib