iklan zonasultra

Permudah Pelayanan Masyarakat, Kelurahan Andounuhu Hadirkan Sistem SID

Permudah Pelayanan Masyarakat, Kelurahan Andounuhu Hadirkan Sistem SID
PELATIHAN - Pelatihan pemanfaatan sistem informasi keluarahan dalam pelayanan penerbitan surat bagi staf Kelurahan Anduonohu, Kota Kendari (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kelurahan Andounuhu, Kecamatan Poasia, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berbenah menciptakan pelayanan terbaik untuk masyarakatnya. Kali ini dengan menghadirkan aplikasi sistem informasi kelurahan/desa (SID) untuk mempermudah pengurusan di kelurahan.

Lurah Andounuhu, Muhammad Asis mengungkapkan, saat ini kelurahan yang dipimpinnya itu sudah menerapkan aplikasi SID. Dengn adanya aplikasi tersebut, pengurusan di kelurahan menjadi lebih mudah, misalnya urusan persuratan.

Baca Juga : Pemkot Kendari Buka Penerimaan PPPK Sebelum Tutup Tahun

iklan zonasultra

“Jadi sekarang warga kita itu kalau mau berurusan surat keterangan dan lain-lain itu sudah bisa diakses sendiri di rumah suratnya secara online,” ujarnya, dihubungi Kamis (24/10/2019).

Tak hanya secara online, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline. Namun, untuk offline hanya bisa diakses di kelurahan saja.

Asis menjelaskan, penerapan sistem SID ini sendiri berawal dari hadirnya tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Halu Oleo (UHO) yang mengajak pihak kelurahan memanfaatkan teknologi dalam pelayanan.

Ketua tim pengabdian Bunyamin selaku pihak yang menghadirkan solusi kemudahan ini mengungkapkan, sebelumnya pihaknya memang telah memberikan pelatihan kepada pihak kelurahan terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam rangka mendukung penyelenggaraan sistem pelayanan prima kepada masyarakat.

“Peran TIK dalam pelaksanan sistem pelayanan prima kepada masyarakat berpengaruh besar. Pengaruh tersebut dapat dirasakan pada pelaksanaan pekerjaan kantor yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat,” ujarnya ditemui Kamis (24/10/2019).

Baca Juga : Jelang HPS, Pemkot Kendari Minta Hotel Tak Naikkan Tarif Terlalu Tinggi

Ia menjelaskan, SID sendiri merupakan program aplikasi berbasis komputer untuk pengelolaan informasi wilayah desa/kelurahan. Eksistensi SID sebagai salah satu produk TIK ini sekaligus mendukung fungsi dan tugas kantor desa/kelurahan, termasuk administrasi kependudukan dan layanan publik.

Bunyamin juga menambahkan, SID menjadikan kantor kelurahan akan lebih efesien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Sebab, salah satu tugas utama kantor kelurahan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, dalam hal penanganan surat-surat keterangan yang diterbitkan oleh kelurahan. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib