iklan zonasultra

Perpustakaan Internasional Sultra Didesain Jadi Lokasi Wisata Edukasi

Perpustakaan Internasional Sultra Didesain Jadi Lokasi Wisata Edukasi
PERPUSTAKAAN SULTRA - Pembangunan Perpustakaan Internasional tidak hanya menjadi pusat baca, bagi masyarakat Kota Kendari khususnya para pelajar. Perpustakaan yang rencananya akan dibangun setinggi 8 lantai itu juga diproyeksikan menjadi wisata edukasi. (Foto Dok ZonaSultra.com)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pembangunan Perpustakaan Internasional tidak hanya menjadi pusat baca, bagi masyarakat Kota Kendari khususnya para pelajar. Perpustakaan yang rencananya akan dibangun setinggi 8 lantai itu juga diproyeksikan menjadi wisata edukasi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang, Pahri Yamsul saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (7/5/2019).

Baca Juga : Pembangunan Perpustakaan dan RS Jantung Sultra Mulai Dibangun Juli 2019

iklan zonasultra

Pahri Yamsul menjelaskan, konsep wisata edukasi sengaja dipilih dalam meningkatkan minat masyarakat maupun pelajar untuk mengunjungi perpustakaan.

“Kita ingin mengubah mind-set masyarakat, bahwa perpustakaan itu adalah tempat wisata edukasi. Perpustakaan bukan hanya tempat orang kutu buku, yang apek dan tidak membuat nyaman,” ujarnya.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Pahri, dirinya telah melakukan studi komparasi di Inggris pada tahun 2018 lalu, namum study tersebut tentang tata kelola perpustakaan itu sendiri.

Pahri mengaku kaget melihat perpustakaan yang ada di Inggris, yang mana perpustakaan disana dilengkapi dengan wifi, komputer, cafe, bahkan taman-taman kecil.

Baca Juga : Dinas Cipta Karya Sultra Bakal Revitalisasi Kawasan Eks MTQ

“Jadi disana itu sangat nyaman sekali, mau selonjoran juga bisa disediakan bantal-bantal panjang. Nah ini yang kita mau terapkan di Sultra, dengan mengintegrasikan dengan eks MTQ,” tegasnya.

Terkait dengan progres pembangunan gedung Perpustakaan Internasional, Pahri menjelaskan, saat ini pihaknya masih mengumpulkan rekomendasi Tenaga Ahli Bangunan (TABG), dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Hal itu dilakukan, lantaran aturan pembangunan gedung di atas 8 lantai harus melalui rekomendasi dari TABG.

“Tapi kita sudah jalani, kebetulan yang SK-kan TABG sekarang itu Pemkot Kendari. Karenakan di aturan memang kota yang harus ada TABG-nya dari Kementerian PU, nanti kita lihat skalanya yang ahli di bidang rumah sakit dan perpustakaan,” terangnya.

Baca Juga : Ini Alasan AMAN Bangun RS Khusus Jantung

Pembangunan perpustakaan internasional di targetkan dapat dilaksanakan pada Juli 2019 mendatang bersamaan dengan pembangunan RS Jantung. Pembangunan Perpustakaan Internasional pun telah dianggarkan melalui APBD 2018.

Rencanya Perpustakaan ini akan dibangun di gedung eks Taman Budaya Provinsi Sultra yang terletak di jalan Abunawas, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandoga, Kota Kendari. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib