iklan zonasultra

Perpustakaan USN Kolaka Terima Bantuan Buku

Perpustakaan USN Kolaka Terima Bantuan Buku
BANTUAN BUKU - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menerima bantuan buku. (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menerima bantuan buku. Bantuan sebanyak 150 buah buku diberikan oleh Bank Indonesia (BI) guna meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dalam mendapatkan sumber informasi melalui koleksi bahan pustaka yang lebih beragam.

Penerimaan buku-buku yang didistribusikan melalui Generasi Baru Bank Indonesia (GenBI) USN diselenggarakan di BI Corner Perpustakaan USN, Jumat (4/12/2020). Dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Coffee Morning dengan tema Pembaharuan Literasi Menuju Digitalisasi Library.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni USN Kolaka, Achmad Lamo Said mengatakan bantuan buku dari Bank Indonesia ini sangat membantu dalam mendukung dan menambah literasi bagi mahasiswa USN Kolaka. Apalagi buku-buku ini berhubungan langsung dengan program studi yang terdapat di USN Kolaka.

Menurut Lamo, dengan beragamnya buku yang tersedia di BI Corner Perpustakaan USN Kolaka, maka dapat menularkan dan meningkatkan minat dan budaya baca mahasiswa. Untuk itu, GenBI USN Kolaka mesti menggalakkan berbagai aktivitas menarik semisal bedah buku dan lainnya di BI Corner Perpustakaan USN Kolaka.

“Dalam mencari literasi, mahasiswa harus lebih teliti dan memilah-milah, khususnya kejelasan sumbernya,” ujarnya.

Kepala UPT Perpustakaan USN Kolaka, Puji Prio Utomo menambahkan BI dan USN ke depan akan melakukan upaya kerja sama untuk mengembangkan dan meningkatkan Perpustakaan USN Kolaka. Mengingat, saat ini kondisinya masih dalam tahap pengembangan, sehingga kata dia, banyak yang dibutuhkan oleh mahasiswa seperti sarana, prasarana, alat baca, dan bahan pustaka lainnya belum tersedia.

Untuk itu, ia berharap GenBI USN Kolaka dapat menciptakan suatu inovasi untuk mengembangkan Perpustakaan USN Kolaka ke depan. Hal itu agar dapat mencapai tujuan pelayanan perpustakaan yang tadinya konvensional bisa mengarah ke digitalisasi library yang lebih modern dengan koleksi buku-buku terbaru.

“Kita akan lakukan secara bertahap, tidak sekaligus karena terbatas aturan dan anggaran. Kita sudah mulai menggunakan digitalisasi, tapi sifatnya masih skala kecil, belum totalitas kita digitalisasi-kan. Masih lebih banyak yang konvensional,” ujarnya.

Ketua GenBI USN Kolaka, Nur Assidikin mengatakan tema-tema buku yang diberikan Bank Indonesia kali ini seperti buku dengan judul Kebijakan Bank Sentral, Ekonomi Indonesia, dan Bank 4.0. Secara simbolis buku-buku tersebut diserahkan Bank Indonesia dua pekan lalu di Jakarta. Selanjutnya, didistribusikan ke perguruan tinggi yang memiliki BI Corner, termasuk perpustakaan USN Kolaka.

“Semua perpustakaan yang memiliki BI Corner mendapatkan buku bantuan yang sama,” ujarnya.

Untuk diketahui, BI Corner merupakan pojok baca yang menyediakan buku-buku yang berhubungan dengan ekonomi, bisnis, perbankan, serta buku referensi lainnya. Di Sultra, BI Corner ini tersebar di beberapa perguruan tinggi seperti UHO Kendari, IAIN Kendari, Unidayan Baubau, dan STIE 66. (B)

 


Reporter: Sitti Nurmalasari
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib