iklan zonasultra

Persiapan Pilkada 2018, Mendagri Akan Kumpulkan Pejabat 171 Daerah

Tjahjo_Kumolo
Tjahjo_Kumolo

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan mengumpulkan pejabat 171 daerah guna membicarakan kesiapan anggaran. Selain itu Tjahjo akan mengundang penyelenggara Pilkada baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Bawaslu.

Tjahjo_Kumolo
Tjahjo Kumolo

“Kami lebih awal, mudah-mudahan minggu ini kami akan mengundang Sekda, Biro Keuangan, dan Ketua DPRD 171 daerah untuk memastikan anggaran. Kami juga akan bertemu dengan KPU dan Bawaslu supaya ada kerjasama yang baik,” ujar Tjahjo Kumolo usai memberikan arahan dalam Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang diadakan di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSD) di Jalan Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan, Senin (22/5/2017).

Meski biaya Pilkada serentak lebih mahal, namun Mendagri melihat ketersedian anggaran untuk proses demokrasi tersebut. “Nah makanya besok kita undang, sebenarnya uangnya sudah ada. Yang saya lihat cukup dan tercukupi tapi kan per termin keluarnya, karena di daerah uang tidak bisa secara penuh,” terang Tjahjo.

Oleh sebab itu penyelenggara Pilkada harus memahami mekanisme anggaran dan koordinasi yang matang sehingga penyelenggaraan Pilkada dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu, pihaknya juga masih menunggu UU Pemilu yang diharapkan awal bulan depan sudah selesai. Kemendagri rutin melakukan pertemuan dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dan instansi negara lainnya.

“Yang penting ada peningkatan kualitas demokrasi, intinya untuk memperkuat sistem pemerintahan presidensil dan peningkatan kualitas parpol,” pungkas Mendagri. (B)

 

Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Jumriati

iklan halo sultra 2018

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib