iklan zonasultra

Pilkada 2020, KPU RI Minta Masyarakat Koltim Tetap Jaga Silahturahmi

Pilkada 2020, KPU RI Minta Masyarakat Koltim Tetap Jaga Silahturahmi
PILKADA 2020 - Launching Pilkada 2020, peluncuran maskot dan jingle di lapangan sepak bola Kecamatan Loea, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sabtu (21/12/2019). (Foto: Samrul/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra mengimbau masyarakat harus tetap menjaga hubungan silahturahmi dengan baik, dan tidak saling menfitnah dalam proses memilih pemimpin daerah pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara, Rabu (23/9/2020) mendatang.

“Santai saja. Tidak usah saling fitnah. Tetap menjaga tali silahturahmi. Silahturahmi tetap menjadi nomor satu. Pemilihan ke depan merupakan arena untuk memilih pemimpin,”kata Ilham dalam sambutannya pada acara launching pilkada, peluncuran maskot dan jingle di lapangan sepak bola kecamatan Loea, Sabtu (21/12/2019).

Ilham menyampaikan, perbedaan pendapat maupun pilihan merupakan sesuatu hal yang wajar dalam berdemokrasi, sebab perbedaan adalah suatu rahmat. Sambut pilkada mendatang dengan riang gembira, bukan dengan emosional. Serahkan sepenuhnya, pelanggaran atau kesalahan sesuai dengan prosedur perundang-undangan yang berlaku. Dan jangan main hakim sendiri.

iklan zonasultra

Baca Juga : Pilkada Koltim 2020, KPU Harap Media Massa Tetap Independen

“Kalau KPU berpotensi dianggap melakukan kesalahan laporkan ke Bawaslu, jika ada tahapan pilkada yang dinilai melanggar kode etik laporkan ke DKP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan). Bila ada pelanggaran pemilu laporkan ke Bawaslu nanti selanjutnya diproses secara hukum oleh pihak penegak hukum terpadu (gakumdu),”sebut Ilham.

Ilham meminta masyarakat tidak menyebarkan berita-berita hoaks yang dapat menyebabkan situasi menjadi panas.

“Kami harapkan juga Pemda Koltim untuk tidak mempersulit pencairan anggaran, sehingga penyelenggaraan pilkada dapat berjalan lancar dan sukses. Mari kita menyambut pilkada dengan tenang. Mohon partisipasi masyarakat Kabupaten Koltim secara aktif, terutama mendaftarkan diri sebagai pemilih,”ajaknya.

Di akhir sambutannya, Ilham berharap pemerintah daerah, kepolisian, kejaksaan, pihak TNI agar mensupport KPU dalam mensukseskan pilkada mendatang. Terutama pada persoalan keamanan.

Tingkat Pertisipasi pemilih pada pemilu 2091 di kabupaten Koltim cukup tinggi yaitu mencapai 84 persen. Prestasi tersebut sekiranya dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi.

Baca Juga : Dana Pilkada Koltim Naik Hingga Rp 31 Miliar

Pilkada 2020, KPU RI Minta Masyarakat Koltim Tetap Jaga Silahturahmi

Kegiatan launching pilkada, peluncuran maskot dan jingle itu juga dirangkaikan dengan jalan sehat. Ratusan warga mengikuti kegiatan jalan santai ini. Rutenya dari halaman kantor DPRD Koltim, dan finish di lapangan sepak bola kecamatan Loea.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam kegiatan KPU Koltim ini. Di antaranya, Sekda Koltim, Eko Budiarto Santoso, ketua tim penggerak PKK Koltim, Surya Adelina Hutapea, Kapolres Kolaka, Kajari, Dandim 1412 Kolaka, Ketua Bawaslu Koltim, Rusniyati Nur Rakibe, serta pejabat lingkup Pemda Koltim lainnya. Hadir pula, seluruh KPU Kabupaten dan Kota yang ada di Sulawesi Tenggara.

Launching semakin meriah karena ada pembagian door prize bagi pejalan sehat yang beruntung. Dirangkaikan pula pemberian hadiah kepada juara lomba cipta maskot dan jingle.Hiburan dari artis lokal Koltim kian menambah khazanah Launching. (a)

 


Kontributor : Samrul
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib