iklan zonasultra

Pilkada Koltim 2020, KPU Harap Media Massa Tetap Independen

Pilkada Koltim 2020, KPU Harap Media Massa Tetap Independen
KPU KOLTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara harapkan media massa tetap independen dalam menyampaikan pemberitaan terkait informasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 nanti. (Samrul/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara harapkan media massa tetap independen dalam menyampaikan pemberitaan terkait informasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 nanti.

Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias mengatakan, media massa memiliki peran penting dalam menentukan suksesnya pelaksanaan pilkada 2020. Terutama dalam menangkal informasi hoaks atau bohong yang dapat merugikan semua pihak.

Iklan Zonasultra

“Pers pada hakekatnya berfungsi sebagai alat kontrol sosial dalam dunia demokrasi. Fungsi Kontrol sosial tersebut tentunya semakin menguatkan peran dan fungsi pers dalam masyarakat, karena dalam iklim demokrasi pada saat ini Pers adalah Pilar ke-4 demokrasi setelah lembaga Eksekutif (Pemerintahan), Legislatif (DPR/Parlemen), dan Yudikatif (Lembaga Hukum),”kata Nengtias.

Dikatakan, sebagai lembaga publik, KPU Kabupaten Kolaka Timur bertanggungjawab menyampaikan informasi ke publik berkaitan dengan tahapan maupun informasi menyangkut kegiatan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020, baik melalui media lokal KPU maupun media massa yang ada di Kolaka Timur.

Baca Juga : Dana Pilkada Koltim Naik Hingga Rp 31 Miliar

Suprihaty Prawaty Nengtias
Suprihaty Prawaty Nengtias

“Kepercayaan publik kepada KPU selaku penyelenggara maupun kepada para calon, kuncinya adalah transparansi dari media itu sendiri. Membangun kerjasama yang baik dari kalangan media massa, insya Allah akan meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilkada serentak 2020 di Kolaka Timur,”ujar Nengtias.

Sebagai pilar keempat demokrasi, pers menyampaikan informasi yang bersifat edukatif atau mendidik kepada masyarakat. Sehingga kualitas demokrasi bisa terbangun dengan baik. Pemilihan kepala daerah juga dapat berjalan secara profesional dan berintegritas.

Sebagai bentuk jalinan kerjasama baik, KPU Koltim membenahi ruangan media center yang telah didirikan sebelumnya. Media center ini menjadi bagian dari kebutuhan guna mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020.

“Media center merupakan bagian dari media komunikasi bersama secara formal maupun informal, misalnya ngopi bareng sambil bincang-bincang tentang pilkada 2020,”ucap Nengtias.

“Kami berharap pula, media massa yang tergabung dalam media center KPU Kabupaten Kolaka Timur ini merupakan media yang kompeten. Dengan demikian informasi yang disampaikan ke masyarakat sifatnya mendidik,”tambahnya.(B)

 


Kontributor : Samrul
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib