Tampilan Desktop



Pilkades Aman dan Tertib, Sekda Butur Kagumi Pengamanan TNI dan Polri
95 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Buton Utara (Butur) berjalan dengan aman dan tertib. Hal itu tentu tidak terlepas dari pengamanan ekstra oleh aparat TNI dan Polri, serta Satuan Pol PP yang secara intens melakukan pemantauan di lapangan.

Pilkades serentak dilaksanakan di 43 desa untuk pertama kali di Butur. Salah satu tantangan yang dihadapi tentunya adalah pada aspek keamanan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Buton Utara (Butur), Baharuddin

Laode Baharuddin

Sekda Butur Laode Baharuddin menuturkan, perhatian pihak keamanan dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan pilkades sangat maksimal. Tak hanya menurunkan personil yang banyak, Danrem dan Pejabat dari Polda pun turut memantau jalannya pesta demokrasi itu pada saat hari H.

Meski hujan yang mengguyur wilayah itu, namun tak menyurutkan semangat untuk terus melakukan pemantauan di sejumlah titik. Bahkan, saat menuju TPS pun mereka tidak menggunakan payung. Hal itu membuat Sekda butur merasa kagum.

“Luar biasa, memang maksimal. Karena kenapa saya katakan luar biasa?, memang perhatian dari Polisi dan TNI ini tinggi sekali tentang keamanan pilkades ini,” ujar Sekda saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/5/2017).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemantauan di tengah turunnya hujan tersebut merupakan salah satu indikator bahwa aparat benar-benar menaruh perhatian yang tinggi terhadap kelancaran pilkades di butur.

“Kenapa saya katakan seperti itu?, sampai hujan-hujan seperti itu tetap mereka juga ke lapangan, kalau stengah-setengah orang kan tidak mau jadi begitu, indikatornya. Tapi karena memang perhatiannya tinggi, hujan-hujan mereka juga basah kuyup,”

Selain itu, Baharuddin juga memandang bahwa masyarakat di daerah yang dipimpin Abu Hasan dan Ramadio ini sudah dewasa dalam menyikapi momentum pemilu. Sehingga, aparat tidak kesulitan di lapangan, dan pilkades serentak aman dan tertib pun dapat terwujud.

“Ya, masyarakat juga kan sekarang sudah mulai dewasa berpolitik,” pungkasnya. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com