iklan zonasultra

Pilkades serentak di Konkep berlangsung aman

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Jamhur Umirlan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Jamhur Umirlan

ZONASULTRA.COM, LANGARA – Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak di 60 Desa di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Selasa (10/10/2017) berlangsung aman dan tertib. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(DPMD), Jamhur Umirlan usai melakukan pemantauan di sejumlah kecamatan yang ada di Konkep bersama Wakil Bupati Konkep.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Jamhur Umirlan
Jamhur Umirlan

“Hasil pantauan kami terkait pilkades dibeberapa kecamatan, yakni Wawonii Barat, utara, timur laut dan timur, semua aman dan berlangsung tertib terkendali,” ujarnya.

Dikatakan Jamhur, pemantau dari pihak pemda terbagi dua rombongan, yakni rombongan Bupati dan wakil bupati Konkep sekaligus melakukan pengawasan pada kegiatan itu.

“Perjalanan yang pertama dari segi pengawasan, pak bupati turun langsung bersama wakil dan sekda. Beliau memantau di Wawonii Tengah, Selatan dan Tenggara. Saya bersama Pak Wakil Dan Sekda sampai di Timur” terangnya.

Mantan Kabid Dikmen di Diknas Konkep menjelaskan, beberapa hasil pemilihan telah disampaikan oleh panitia penyelenggara pilkades, namun masih sebatas lisan.

“Saya memantau ikut bersama rombongan pak wakil sampai di timur, laporan yang masuk sudah 45, tersisa 15 desa namun laporannya baru sebatas lisan melalui telepon. Mungkin besok berita acaranya sudah akan masuk,” tuturnya.

Jika terjadi perselisihan dalam penyelenggaraannya, maka panitia wajib menyelesaikan perselisihan tersebut dengan jangka waktu paling lama 15 hari.

“Jadi masa keberatan hasil Pilkades dapat diajukan oleh calon ke panitia, dalam waktu paling lambat 3 hari setelah penetapan hasil Pilkades. Ketika tidak ada, pemenang Pilkades hanya menunggu pelantikan saja”. terangnya

Sementara, Kapolsek Wawonii, Iptu La Ajima dikonfirmasi usai melakukan pemantauan menyatakan bahwa proses pilkades berjalan lancar dan tertib.

“Alhamdulillah prosesnya berjalan lancar, tidak ada perselisihan yang terjadi. Ini kita perlu apresiasi, karena kerjasama yang baik sehingga tercapai kemanan ketertiban masyarakat di wilayah masing-masing,” tandas dia (B)

 

Reporter : Arjab Karim
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib