iklan zonasultra

Pilkades Serentak di Konut Dilaksanakan Awal 2019

Kepala Dinas PMD Konut Zulkarnain Sinapoy
Zulkarnain Sinapoy

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menetepkan pemilihan kepala kades (Pilkades) serentak di wilayah itu akan dilaksanakan pada Januari 2019.

Kepala Dinas PMD Konut Sulkarnain Sinapoi menuturkan, pilkades serentak dilaksanakan awal 2019 nanti karena ada 4 kepala desa yang masa jabatannya berakhir pada November 2018. Sehingga pihaknya menyesuaikan agar pelaksanaan pilkades berjalan satu kali. Secara bersamaan pihak DPMD juga akan menggelar pemilihan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 19 desa.

Berkaitan dengan hal itu, pihaknya segera mengevaluasi pelaksanan tugas (Plt) Kades yang sementara menjabat saat ini, selanjutnya mengangkat Plt Kades baru yang akan mengisi 47 desa. Syaratnya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), dispilin, berintegritas tinggi dan memiliki jiwa membangun.

“Plt Kades yang menjabat saat ini tentu akan kita evaluasi dan mengangkat Plt Kades baru. Soal persiapan pemilihan pilkades dan Ketua BPD prosesnya telah berjalan, bahkan dananya pun telah kami siapkan,” terang mantan Kabag Pemerintahan Konut ini dikonfirmasi, Rabu (27/9/2018).

Pilkades di wilayah Konut telah mengalami penundaan sebanyak 2 kali. Sebelumnya, pilkades telah dijadwalkan pada Maret 2018 lalu. Namun, mengalami pengunduran waktu karena adanya surat edaran dari Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra yang menerangkan untuk tidak melakukan kegiatan selama proses sosialisasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur berjalan.

Pilkades serentak di 47 desa kembali dijadwalkan pada Oktober setelah pelantikan gubernur dan wakil gubernur dilaksanakan, namun kembali diundur. (B)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib