iklan zonasultra

Pilkades Serentak Konut Digelar Akhir Juli

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD), Kabupaten Konawe Utaran (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Zulkarnain Sinapoy
Zulkarnain Sinapoy

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadwalkan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di wilayah itu pada Juli ini.

Kepala DPMPD Konut Zulkarnain Sinapoy mengatakan, sebanyak 47 desa yang tersebar di 13 kecamatan akan menggelar pilkades. Saat ini beberapa desa seperti Desa Tetelupai, Muara Tinobu, Lametono, dan Lalowaru diisi oleh pelaksana tugas (plt) kades dari pegawai negeri sipil (PNS).

“Insyaallah di akhir bulan Juli kami gelar pilkades, paling lambat di awal Agustus jika terjadi pengunduran waktu,” ungkap mantan Kabag Pemerintahan Konut ini, Senin (2/6/2018).

Dijelaskan, untuk angggaran logistik dan persiapan penyelenggaraan kegiatan itu pihaknya mengalokasikan dana sebanyak Rp800 juta yang bersumber dari APBD.

“Ada juga sebagian dana sumbangsi dari desa-desa yang akan menggelar pilkades. Tapi itu diperuntukkan bagi mereka sendiri seperti transpor dan konsumsinya para pantia yang terbentuk dari desa itu sendiri,” terangnya.

Sebelumnya, pilkades serentak di daerah itu dijadwalkan pada Maret lalu. Namun molor disebabkan adanya surat edaran sekretaris provinsi yang kala itu masih dijabat oleh Lukman Abunawas untuk tidak melangsungkan kegiatan sebelum proses tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur usai. (B)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib