iklan zonasultra

PKB Butur Tak Ingin Kalah di Pilkada 2020

PKB Buka Penjaringan Balon Kada Butur 2020
PKB Butur - Ketua DPC PKB Butur, Anwar Zani, Rustamin, Rahman dan Muh. Trisna Jaya (kanan ke kiri), saat membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Buton Utara, Senin (21/10/2019). (Irsan R/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Buton Utara (Butur) tak ingin kalah dalam percaturan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak, tahun 2020 mendatang. Sehingga, siapa figur yang bakal diusung nantinya, harus benar-benar memiliki peluang untuk memenangkan kompetisi itu.

Ketua DPC PKB Butur, Anwar Zani, mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati. Pendaftaran dilakukam serentak se-Sulawesi Tenggara, sejak Senin 21 hingga 30 Oktober 2019.

Baca Juga : PKB Buka Penjaringan Balon Kada Butur 2020

iklan zonasultra

Setelah proses penjaringan, berkas pendaftar akan dikirim ke DPD Sultra untuk digodok, selanjutnya diserahkan ke DPP.

Anwar menjelaskan, keputusan siapa kandidat yang bakal diusung nantinya, tentu menjadi kewenangan DPP. Meski demikian, bukan berarti pengurus di tingkat daerah tak diberi ruang dalam proses penentuan bakal calon.

Olehnya itu, dalam proses penjaringan ini, pihaknya pun harus melihat dengan cermat, pendaftar mana yang punya potensi lebih kuat di Pemilukada Butur 2020 ke depan.

Sebelum dikirim ke DPP, lanjut Anwar Zani, DPD PKB Sultra akan melakukan tahap penilaian terhadap bakal calon. Dalam proses penilaian, tentu DPC Butur akan dimintai beberapa masukan, termasuk soal peluang kemenangan dari semua kandidat.

“Pasti kita punya analisa tersendiri menilai kira-kira siapa yang berpotensi untuk menang,” kata Anwar Zani di sekretariat pendaftaran bakal calon, Senin (21/10/2019).

Begitu pula menjelang keluarnya Surat Keputusan (SK) dari DPP, pengurus daerah juga akan dimintai untuk memberikan gambaran maupun situasi politik di daerah seperti apa. Sebab bagaimana pun juga, kata Anwar, pengurus di tingkat daerah tentu banyak mengetahui kondisi di lapangan.

“Selebihnya itu ya, haknya DPP lah. Kita hanya sebatas menjaring, mengusulkan dan memberikan sedikit analisa, sedikit penilaian-penilaian terhadap kandidat, sesuai dengan keinginan partai,” tandasnya.

Terkait peluang menang ini, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan, bakal muncul nama figur baru dari kader PKB sendiri. Pasalnya, dengan perolehan tiga kursi di parlemen Butur, cukup untuk memberikan gambaran bahwa partai besutan Muhaimin Iskandar ini, punya kekuatan dan simpatisan yang tidak sedikit di wilayah Butur.

Baca Juga : Legislator PDIP Butur Diminta Konsisten Dukung Abu Hasan

Di tempat yang sama, Sekretaris DPC PKB Butur, Rahman, mengungkapkan bahwa sejatinya semua partai politik (parpol) menginginkan kadernya untuk menjadi kepala daerah. Kendati demikian, PKB Butur, juga tentunya akan melihat sejauh mana potensi kemenangan jika mengusung kader.

“Kalau pun bukan kader, kita lihat peluang menang,” tandas Legislator PKB Butur dua periode ini.

Sejak dibuka Senin pagi, tercatat sudah dua balon yang mengambil formulir pendaftaran. Kedua figur tersebut yakni Muhamad dan Norbertus Simon. Muhamad, sebagai balon bupati, sedangkan Norbertus Simon, balon wakil. Pengambilan formulir, diwakili LO kedua bakal calon, Daud.(a)

 


Kontributor : Irsan R
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib