iklan zonasultra

Pleno KPU, Dulang Suara Hingga 61,6 Persen, Prabowo-Sandi Berjaya di Muna

Prabowo - Sandi.
Prabowo Subianto - Sandiaga Uno

ZONASULTRA.COM, RAHA – Pemilu telah usai. Namun riak pasca pencoblosan masih terus tersaji. Perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) saat ini tengah dinanti oleh publik, siapa yang bakal menjadi pemimpin Indonesia berikutnya. Publik pun saat ini tengah menanti hasil pleno KPU pusat pada 22 Mei mendatang.

Meski begitu saat ini, sejumlah KPU sudah mengumumkan jumlah perolehan suara, baik dari Pilpres maupun dari legislatif.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) baru saja usai melakukan pleno hasil rekapitulasi akhir seluruh kecamatan di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

iklan zonasultra

Baca Juga : Sosialiasi Tuntas, KPUD Muna Optimis Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen

Perhatian publik tertuju pada perolehan suara Pilpres. Sepekan melakukan rekap data perolehan suara dibeberapa kecamatan, Jumat (2/5/2019) dini hari sekitar pukul 02.35, KPUD Muna sudah menuntaskan pleno rekapitulasi hasil akhir perolehan suara pemilihan presiden (Pilpres).

Hasilnya pasangan Prabowo-Sandi berhasil perolehan 70.370 suara, sementara pasangan Jokowi-Ma’aruf hanya meraup 40.640 suara dari jumlah pengguna hak suara sebanyak 114.179 suara.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPUD Muna, persentase perolehan suara Prabowo sekitar 61,6 persen sementara Jokowi hanya mencapai 35,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 145.594 orang.

Baca Juga : Prabowo-Sandi Menang QC THI, Ali Mazi: Tunggu Pengumuman Resmi KPU

Hampir semua kecamatan menjadi Lumbung suara Prabowo mendominasi. Dua kecamatan yakni Batalaiworu dan Katobu Prabowo mendulang suara terbanyak dengan perolehan kecamatan Katobu Prabowo-Sandi berhasil meraup suara 5.452 sementara Jokowi hanya mengumpulkan 1.876 suara. Di kecamatan Katobu Prabowo berhasil unggul 10.900 suara dan Jokowi hanya 4152 suara.

Sementara pasangan Jokowi-Ma’aruf hanya menang tipis di tiga kecamatan yakni Tongkuno Selatan sebanyak 1.610 suara dan Prabowo-Sandi 1273 suara, di kecamatan Marobo Jokowi berhasil mengumpulkan 1.751 suara dan Prabowo hanya 1.172 suara, sementara di kecamatan Batukara Jokowi meraup 681 suara dan Prabowo 659 suara.

Kecamatan Kabangka Prabowo juga menang dengan perolehan 2.887 suara dan Jokowi 2.664 suara. Sementara di kecamatan Maligano Jokowi 1.644 suara dan Prabowo 1.686 suara. Sementara data kecamatan lainnya pasangan Prabowo-Sandi menang dengan selisih ribuan suara.

Ketua KPUD Muna, Kubais mengungkapkan pleno akhir perolehan suara seluruh kecamatan yang tersebar di Muna akan diumumkan Jumat (3/5/2019) malam

“Alhamdulilah, Kita baru saja selesai melakukan pleno. Seminggu lamanya. Hasilnya nanti kita akan umumkan sebentar malam,” terang Kubais saat ditemui diruangannya, Jumat (3/5/2019).

Dirinya mengaku bersyukur saat ini, semua data perolehan suara baik dari Pilpres hingga Pilcaleg sudah rampung tanpa ada kendala di lapangan.

“Kita di Muna, alhamdulillah tidak ada PSU. ini semua berkat kerjasama semua pihak baik dari polri maupun TNI. Sukses tanpa ada gesekan,” ungkapnya. (a)

 


Kontributor : Nasrudin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib