iklan zonasultra

Pleno KPU Wakatobi Tetapkan Paslon Aman Pemenang Pilgub

RAPAT PLENO - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Wakatobi menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Wakatobi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2018, Rabu (4/7/2018). (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) tingkat Kabupaten Wakatobi di Gedung Dharma Wanita Wangiwangi, Rabu (4/7/2018) malam, menetapkan pasangan calon (Paslon) Ali Mazi-Lukman Abunawas sebagai pemenang.

Paslon nomor urut 1 itu menang telak dengan perolehan 26.020 suara, disusul Asrun-Hugua dengan 21.931 suara. Di posisi terakhir ditempati paslon nomor urut 3 Rusda-Sjafei dengan 3.229 suara. Total suara sah di Kabupaten Wakatobi sebanyak 51.180 dan tidak sah ada 546 suara.

Ketua KPU Wakatobi Abdul Rajab mengatakan, persentase partisipasi pemilih pada Pilgub 2018 di Kabupaten Wakatobi sebanyak 67,75 persen.

(Baca Juga : Hasil Pleno KPU Kendari, Alimazi – Lukman Meraih Suara Tertinggi)

“Ini menandakan bahwa animo masyarakat di Wakatobi masih sangat rendah untuk menggunakan hak pilihnya,” kata Abdul Rajab.

Pleno KPU Wakatobi Tetapkan Paslon Aman Pemenang Pilgub
FOTO BERSAMA – Usai rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Wakatobi dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2018, dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara pihak penyelenggara dan sejumlah saksi, Rabu (4/7/2018).

Saat rekapitulasi suara, saksi paslon Asrun-Hugua tidak hadir. Tidak diketahui pasti kendala ketidakhadiran itu, namun berdasarkan daftar hadir sejak dimulainya rapat pleno terbuka, tidak nampak saksi dari pasangan Asrun-Hugua.

Amatan zonasultra.com dari daftar hadir tersebut, yang hadir hanya saksi dari dua pasangan calon gubernur saja, yakni saksi dari paslon Ali Mazi-Lukman dan Rusda-Sjafei.

Meski demikian rapat pleno terbuka itu berjalan mulus dan tanpa ada hambatan. Pleno ini dikawal oleh sekitar 125 orang anggota Kepolisian Resort (Polres) Wakatobi. (B)

 


Reporter : Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib