PLN: 2018 Seluruh Desa di Sultra Teraliri Listrik

PLN: 2018 Seluruh Desa di Sultra Teraliri Listrik
PERESMIAN - Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda saat meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nii Tanasa, Kecamatan Lalunggasumeeto, Kabupaten Konawe dengan daya listrik 50 MW, Senin (30/10/2017). (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

PLN: 2018 Seluruh Desa di Sultra Teraliri ListrikPERESMIAN – Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda saat meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nii Tanasa, Kecamatan Lalunggasumeeto, Kabupaten Konawe dengan daya listrik 50 MW, Senin (30/10/2017). (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tahun 2018 PLN menargetkan seluruh wilayah desa di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) teraliri listrik. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda saat meresmikan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nii Tanasa, Kecamatan Lalunggasumeeto, Kabupaten Konawe dengan daya listrik 50 MW , Senin (30/10/2017).

Proyek PLTMG ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah pusat untuk mewujudkan target nasional 35.000 MW tahun 2019 serta mengejar target 2018 tersebut.

“Kami mohon doanya, teman-teman PLN wilayah Sulawesi komitmen mengejar target itu, untuk mengaliri listrik di Desa, tapi bukan KK ya tapi desanya,” ungkap Syamsul.

Saat ini untuk Sultra jumlah desa yang telah teraliri listrik sebanyak 1.553 desa dari 1.849 desa di 15 kabupaten. Sedangkan sisanya 296 desa ditargetkan akan teraliri pada tahun 2018 mendatang.

Kemudian, ia juga menjelaskan jika saat ini beban pucak penggunan listrik di Kota Kendari mencapai 80 MW. dengan rasio elektrikfikasi baru mencapai 78,11 persen. Rasio elektrifikasi adalah tingkat perbandingan jumlah penduduk yang telah mendapat listrik dengan jumlah total penduduk di suatu wilayah atau negara.

Untuk mencapai angka 100 persen maka beban angka 80 MW itu akan meningkat pula, untuk efektif dan efisiensinya maka dibangunlah PLTMG di Kendari sebesar 50 MW guna memperkuat infrastruktur listrik, setelah itu bagaiamana pengerjaan untuk distribusi listrik tersebut.

PLN: 2018 Seluruh Desa di Sultra Teraliri Listrik Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nii Tanasa, Kecamatan Lalunggasumeeto, Kabupaten Konawe dengan daya listrik 50 MW , Senin (30/10/2017).

Untuk diketahui posisi PLTU Nii Tanasa berdekatan PLTMG Nii Tanasa atau dalam satu kawasan, pemilihan lokasi yang sama ini adalah hasil kajian dari ahli tenaga kelistrikan. Dimana lokasi ini adalah tempat paling pas dari sistem kelistrikan, buktinya saat ini sudah dibangun dan diresmikan. Dalam acara peresmian ini turut dihadiri pula oleh Camat Lalunggasumeeto dan Kapolsek Lalunggasumeeto serta jajaran pejabat PLN wilayah Sulawesi dan Area Kendari.

Sebelumnya, Manager Area PLN Kendari Eryan Saputra mengatakan agar penyaluran dapat terjangkau keseluruh wilayah yang ada di area kerja PLN Kendari, pihaknya saat ini tengah memperkuat jaringan kabel. Sebab percuma saja jika cadangan daya yang banyak, namun jaringan kabel tidak memadai atapun dalam kondisi yang kurang baik.

“Saat ini kami gencar-gencarnya memperbaiki sejumlah sistem jaringan, untuk menghadapi penambahan daya ini. Kami juga sudah menyiapkan dua gardu induk di Ranomeeto dan Unaaha,” ujarnya.

Penambahan daya listrik ini juga merupakan komitmen PLN Kendari untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara (Sultra). Salah satunya menyediakan daya yang besar, untuk menyambut serta mengajak pihak swasta agar tidak ragu menanamkan investasinya. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib