iklan zonasultra

PLN Kendari Pastikan Tak Ada Pemadaman Selama Iduladha

Manager Jaringan PT PLN UP3 Kendari, Muhammad Minggus
Muhammad Minggus

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kendari memastikan tidak akan melakukan pemadaman pada hari-hari besar nasional, termasuk pada Hari Raya Iduladha.

Manager Bagian Jaringan PLN UP3 Kendari Muhammad Minggus mengatakan, warga tidak perlu khawatir dengan adanya isu belakangan, terkait pemadaman listrik. Ia memastikan, Kendari akan tetap terang saat perayaan Iduladha 1440 H dan saat upacara peringatan 17 Agustus mendatang.

“Tak ada pekerjaan terencana saat hari besar nasional atau hari besar keagamaan dibanding dengan hari-hari biasa. Kecuali ada gangguan yang disebabkan sentuhan-sentuhan pohon maupun hewan yang mengenai kabel milik PLN UP3 Kendari,” ujarnya saat dihubungi, Sabtu (10/8/2019).

iklan zonasultra

Ia melanjutkan, saat ini kemampuan daya listrik PLN UP3 Kendari telah mencukupi untuk mengakomodir pasokan listrik di kota Kendari, sehingga memungkinkan untuk tidak terjadinya pemadaman.

Akan tetapi, untuk mengantisipasi pemadaman diluar dugaan PLN UP3 Kendari, pihaknya akan menyiapkan genset di titik pusat pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Al-Kautsar Kendari ataupun pada saat upacara HUT RI di Kantor Gubernur Sultra.

“Setiap bulan, beban puncak PLN UP3 Kendari siang hari mencapai 87 Megawatt. Kalau malam, bebannya naik menjadi 93 MW. Itu sudah termasuk daya listrik yang dihasilkan dari empat pembangkit di sistem PLN Kendari yaitu PLTD Wua-wua, Tanaasa, Moramo dan Poasia,” ujar Minggus.

Dengan beban puncak sebesar itu, kata Minggus, sebenarnya PLN UP3 Kendari mengalami surplus atau kelebihan daya sebesar 50 Megawatt. Sistem PLN UP3 Kendari juga, bahkan sudah menyuplai listrik hingga ke Unaaha, Kolaka dan Lasusua.

“Dari cadangan daya listrik sebanyak itu,PLN UP3 Kendari siap senantiasa siap untuk menyanggupi permohonan daya yang diminta oleh masyarakat,” kata dia,

Terakhir, ia berharap warga juga bisa turut membantu PLN UP3 Kendari, meningkatkan kehandalan pasokan listrik. Salah satu caranya, jika warga ada pohon yang menyentuh kabel PLN, silahkan lapor ke pihaknya, untuk secepatnya dilakukan pemeliharaan.

“Saya juga minta warga tak perlu risau, sebab pasukan listrik masih cukup dan tak akan ada pemadaman dari PLN UP3 Kendari,” tutupnya. (B)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor: Abdul Saban

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib