iklan zonasultra

PLN Siapkan Daya Listrik 1.000 KVA di Perayaan HUT Sultra ke-55

PLN Siapkan Daya Listrik 1.000 KVA di Perayaan HUT Sultra ke-55
PLN - Unit Gardu Bergerak (UGB) milik PT PLN UP3 Kendari yang dipasang di kawasan pagelaran Halo Sultra ke-12 di Tugu Religi Sultra. Daya listrik yang disiapkan sebesar 1.000 KVA selama pelaksaan Halo Sultra hingga 27 April 2019. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI– PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kendari, menyediakan tambahan daya listrik untuk pelaksanaan HUT Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-55 dan Halo Sultra ke-12 tahun 2019.

Manager PT PLN UP3 Kendari, Arief Budy Kurniawan mengatakan, pihaknya menurunkan empat unit gardu induk dengan kapasitas 4×250 KVA atas permintaan panitia.

“Untuk pelaksanaan Halo Sultra kami siapkan daya 555 KVA atau 555.000 VA sesuai kebutuhan yang diminta oleh pihak Event Organiser, dan kami siap untuk menambah daya listrik tersebut. Apabila ada permintaan penambahan kapasitas daya listrik yang dibutuhkan untuk kegiatan Halo Sultra,” kata Arief kepada zonasultra, Rabu (24/4/2019) melalui sambungan WhatsApp Mesengger.

iklan zonasultra

Ia pun menjelaskan, dengan adanya Even ini diprediksi ada kenaikan beban puncak meski tidak terlalu signifikan.

(Baca Juga : Halo Sultra ke-12 Resmi Dibuka, Berikut Jadwal Kegiatannya)

“Dan seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa saat ini Sistem Kelistrikan kendari masih ada cadangan daya 13 MW, jadi masih sangat cukup untuk melayani kegiatan Halo Sultra,” pungkasnya.

Prinsipnya kerja dari Gardu Induk sama dengan gardu PLN pada umumnya, hanya saja Unit Gardu Bergerak (UGB) bentuknya mobile, jadi mudah untuk dipindahkan ke lokasi yang diinginkan.

Kemudian, UGB itu perlu dihubungkan ke Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang sudah ada, sama seperti gardu PLN pada umumnya. Gardu bergerak tersebut telah dipasang sejak tanggal 21 April 2019.

“Jadi kemampuan gardu bergerak kita adalah 4×250 kVA atau 1000 kVA, sedangkan permintaan daya dari Event Organiser adalah 555 kVA pak, jadi kita masih punya kelebihan juga,” imbuhnya.

“Aman pak, karena gardu bergerak tersebut didesain untuk lokasi outdoor. Jadi tidak masalah kalau kena hujan. Disana juga ada tim kita yang berjaga,” jelasnya. (a)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib