iklan zonasultra

PLN UP3 Kendari Segera Terima Tambahan Daya Listrik 100 MW

Manager PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kendari Arief Budy Kurniawan
Arief Budy Kurniawan

ZONASULTRA.COM, KENDARIPT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kendari dalam waktu dekat akan menerima tambahan daya listrik 2×50 megawatt (MW) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kendari 3 yang ada di Tanjung Tiram, Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Manager PT PLN UP3 Kendari Arief Budy Kurniawan mengatakan, posisi saat ini daya mampu sistem kelistrikan di Kendari sebesar 103 MW dengan posisi beban puncak 90 MW. Sehingga ada 13 MW sebagai cadangan daya atau surplus 13 MW.

“Kalau ada tambahan 2×50 MW nantinya akan memberikan tambahan cadangan daya pada daya sistem kita, kemudian kita juga berharap bisa menyuplai sistem kelistrikan di sekitar wilayah Kota Kendari,” kata Arief kepada zonasultra di Kendari, Jumat (19/4/2019).

Baca Juga : Siaga Pemilu, PLN UP3 Kendari Siapkan 350 Personel dan Gardu Bergerak

Nantinya, sistem Kelistrikan Kendari akan menyuplai kebutuhan daya listrik di wilayah Unaaha hingga Kolaka. Selain itu, progres proyek interkoneksi sistem kelistrikan dari wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) terus berjalan.

“Yang pada akhirnya kita akan memiliki daya listrik yang cukup besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat hingga skala industri besar di Sultra,” jelas Arief.

Arief berharap dengan adanya daya listrik dari sejumlah proyek tersebut dapat membantu percepatan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara.

Pada tahun 2018 lalu, PT PLN (Persero) Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara, Barat (Sulselrabar) resmi menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) dengan PT. Ceria Nugraha Indotama (CNI), Kolaka dan menjadi pelanggan Premium Platinum PLN terbesar di Indonesia bagian Timur dengan daya 118 Juta VA. Kemudian MoU dengan PT Bintang Smelter Indonesia (BSI) dengan kebutuhan daya 323 MW.

PT DSSP Power Kendari yang menangani proyek IPP Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kendari-3, optimistis aliran listrik dapat dinikmati masyarakat Sultra (Sultra) pada awal 2019.

PLTU ini merupakan proyek IPP kedua milik PT Dian Swastatika Sentosa Tbk yang akan memasok listrik kepada PLN selama 25 tahun berdasarkan power purchase agreement atau surat perjanjian jual beli yang ditandatangani pada Mei 2015.

Pasca 25 tahun dikelola oleh DSSP, PLTU ini akan diserahkan ke PT PLN. Proyek PLTU ini telah mendapatkan fasilitas pembiayaan dari Chine Development Bank Corporation sebesar 150 juta US dollar atau sekitar Rp1,9 triliun.

IPP PLTU Kendari-3 juga adalah bagian dari mega proyek 35.000 MW yang dicanangkan pemerintah pusat dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi di seluruh Indonesia. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib