Plt Wali Kota Berikan Penghargaan pada 12 Guru Berprestasi di Kendari

240
Plt Wali Kota Berikan Penghargaan pada 12 Guru Berprestasi di Kendari
PENGHARGAAN - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, saat menyerahkan penghargaan kepada 12 guru berprestasi, usai upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Kendari, di halaman kantor wali kota setempat, Kamis (13/12/2018). (RAMADHAN HAFID/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir memberikan penghargaan kepada 12 orang guru di Kota Kendari yang dinilai berprestasi.

Penghargaan tersebut diserahkan usai upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Kendari, di halaman kantor wali kota setempat, Kamis (13/12/2018).

Dalam sambutannya, Sulkarnain yang membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Menteri berpesan untuk mewujudkan guru yang profesional kedepannya akan diterapkan kebijakan zonasi.

Harapannya agar dapat mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di seluruh tanah air. Sistem zonasi juga diharapkan dapat memudahkan pelayanan dan pengelolaan guru mulai dari distribusi, peningkatan kompetensi, pengembangan karir dan penyaluran bantuan penyelenggaraan pendidikan sebagaimana kegiatan yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Menteri juga menjabarkan setidaknya terdapat 3 ciri guru profesional yang harus dimiliki oleh para guru, pertama; guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik, perubahan zaman mendorong guru agar cepat menghadirkan pembelajaran abad ke 21, yaitu menyiapkan peserta didik untuk memiliki ketrampilan berpikir kritis, inovatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi.

Kemudian, kedua, seorang guru yang profesional hendaklah mampu membangunkan kesejawatan bersama rekan-rekan sejawat mengembangkan diri dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman, ketiga; seorang guru yang profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya, para guru Indonesia adalah para pejuang pendidikan yang sesungguhnya.

Ia juga secara nama pribadi dan mewakili pemerintah kota mengucapkan selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Kota Kendari ke 73.

“Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Untuk tugas kita semua, baik guru maupun lainnya, mari kita semua serahkan kepada Allah Swt, semoga apa yang kita lakukan menjadi pahala bagi kita semua. Dan semoga kita selalu diberikan kekuatan dan kesehatan dalam mengemban tugas kita kedepan, sehingga daerah kita tercinta lebih maju lagi, masyarakat sejahtera dan cerdas Dirgahayu PGRI,” ungkap Sulkarnain.

Berikut nama-nama 12 guru yang mendapat penghargaan yakni Nurhida, Mahdin, Sultan selanjutnya ada Nurmaulid, Verawati, Sukirman, Marlian, Kusmayanti, Erhan, Parudin, Ibrahim dan Wahyuni. (B)

 


Kontributor : Ramadhan Hafid
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib