Honda

PMI Berhasil Kumpulkan 96 Kantong Darah di Butur

PMI Berhasil Kumpulkan 96 Kantong Darah di Butur
DONOR DARAH - Kegiatan donor darah yang diselenggaran Palang Merah Indonesia (PMI) Buton Utara bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), di Aula Dinas Kesehatan Butur, Kamis (19/9/2019). Dalam kegiatan ini, sebanyak 96 kantong darah berhasil dikumpulkan. (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buton Utara (Butur) bekerja sama dengan tim Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan donor darah, di aula Dinas Kesehatan Butur, Kamis (19/9/2019). Dalam kegiatan ini, sebanyak 96 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Sekretaris PMI Butur, Khaidhar Ma’ruuf, menuturkan, aksi donor darah ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok darah. Penyediaan darah bagi yang membutuhkan, memang sudah menjadi bagian dari tugas dan fungsi hadirnya PMI.

“Ini adalah tugas-tugas bahwa ketersediaan stok di PMI itu harus ada setiap saat, satu kali 24 jam,” tutur Khaidhar di lokasi kegiatan.

iklan zonasultra

Kata dia, donor darah ini merupakan kegiatan kedua yang diselenggarakan di Butur. Sebelumnya, tahun 2017 juga pernah digelar kegiatan serupa, dan berhasil mengumpulkan 76 kantong darah.

(Baca Juga : PMI Baubau Galang Donasi untuk Korban Bencana Banjir Sultra)

Selepas kegiatan ini, darah yang sudah terkumpul, harus langsung dibawa ke Kota Kendari dengan perkiraan jarak tempuh kendaraan sekitar enam jam. Terhitung sejak didonorkan, darah tersebut, sudah harus dimasukkan dalam tempat penyimpanan khusus, kurang dari 12 jam.

“Darah ini waktunya hanya 12 jam,” ungkap Khaidhar, seraya menambahkan bahwa di Butur belum ada wadah untuk penyimpanan kantung darah. (B)

 


Kontributor: Irsan R
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib