iklan zonasultra

Pohon Tumbang di Baubau Nyaris Timpa Seorang Siswa SD

POHON TUMBANG - Satu pohon tumbang di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) nyaris menimpa seorang anak sekolah dasar (SD). Kejadian itu tepatnya di depan gerbang SD Negeri 2 Lamangga, Kota Baubau, Selasa (3/3/2020), sekira pukul 12.00 WITA. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Satu pohon tumbang di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) nyaris menimpa seorang anak sekolah dasar (SD). Kejadian itu tepatnya di depan gerbang SD Negeri 2 Lamangga, Kota Baubau, Selasa (3/3/2020), sekira pukul 12.00 WITA.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, Muslimin Hibali mengatakan, pohon tumbang sendiri disebabkan karena pelapukan pada akar.

“Anak ini ada di lokasi tempat kayu itu tumbang. Tapi untungnya kayu ini bercabang. Jadi anak itu pas berdiri tepat di antara cabang itu. Dia tidak tertimpa,” ujar Muslimin lawat panggilan telepon.

Meski tak tertimpa pohon, anak tersebut tetap terkena cabang pohon sehingga mengalami luka gores.

Selain seorang siswa, pohon tumbang sendiri menimpa sebuah sepeda motor. Sehingga terjadi kerusakan parah. Motor itu merupakan milik seorang warga sekitar yang terparkir.

Pohon Tumbang di Baubau Nyaris Timpa Seorang Siswa SDDari penuturan Muslimin, terdapat kelalaian dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau. Pasalnya, tidak merawat pohon yang ditanam sebagai hiasan kota tersebut.

Pohon itu sendiri familiar disebut kayu jawa. Jenis pohon ini, kata Muslimin, terbilang memiliki akar yang rapuh.

“Baiknya dari lingkungan hidup mestinya memangkas pohon-pohon rimbun yang ada di pinggir jalan. Khususnya pohon kayu jawa ini, karena akarnya gampang lapuk,” terang dia.

BPBD sendiri telah membersihkan pohon tumbang tersebut. (b)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib