iklan zonasultra

Polda Tambah 45 Personil Brimob di Lokasi Kerusuhan Buton

Ratusan Polisi Diterjunkan Amankan Kerusuhan Dua Desa di Buton
POLDA SULTRA - Polda Sultra menerjunkan ratusan personel di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotopina, Kabupaten Buton, Kamis (6/6/2019). (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengerahkan puluhan personil tambahan untuk mengamankan situasi pasca terjadinya kerusahan di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sultra AKBP Harry Goldenhardt mengatakan, sebanyak 45 personil dari satuan Brigade Mobile (Brimob) diterjunkan ke lokasi kerusuhan itu. Mereka rencananya akan diberangkatkan pada Jumat (7/6/6/2019) pagi.

“Besok (Jumat) pagi akan diberangkatkan kembali Brimobda Sultra sebanyak 45 personil. Sehingga total personil yang di bawah kendali operasi (BKO) Polres Buton sebanyak 317 personil. Situasi saat ini sudah kondusif,” ungkap AKBP Harry Goldenhardt saat dikonfirmasi awak Zonasultra via whatsapp, Kamis (6/6/2019).

iklan zonasultra

Baca Juga : Ratusan Polisi Diterjunkan Amankan Kerusuhan Dua Desa di Buton

Sebelumnya Polda Sultra mengerahkan 272 personil yang saat ini sudah berada di wilayah hukum Buton dalam melaksanakan pengamanan konflik sosial yakni bentrok antar warga di Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo Kabupaten Buton. 272 personil itu antara lain Brimob 117 personil, Polair 8 personil, Intelkam 10 personil, Reskrimum 7 personil.

Selain itu ada 32 personil dari Polres Baubau, terdiri atas Samapta 18 personil, intelkam 4 personil, Reskrim 10 personil. Polres Buton menerjunkan 98 personil, di antaranya, intel 14 personil, Propam 5 personil, Res Narkoba 6 personil, Reskrim 22 personil, satuan lalu lintas 8 personil, gabungan Polsek di Buton 14 personil, Samapta 24 personil, pejabat utama (PJU) Polres 3 personil, sisanya driver pimpinan.

Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto juga sudah terjun ke TKP guna meredam aksi masa yang lebih besar. Selain itu, kedatangan jenderal satu bintang ini, untuk berusaha mendamaikan kedua kubu yang bertikai.

Akibat bentrok, 87 rumah terbakar, 700 orang warga Desa Gunung Jaya mengungsi ke 3 desa antara lain Desa Laburunci, Kelurahan Kombeli dan Desa Lapodi. Dua orang dinyatakan meninggal dunia dan 8 korban lain terluka imbas dari insiden ini. (A)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib