Honda

Polres Buton Rancang Program SIM Keliling

Iptu Syahrul, Kasat Lantas Polres Buton
Iptu Syahrul

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO-Catatan Polres Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) masih banyak warga pemilik kendaraan di wilayah itu yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Makanya, pihak Satlantas kini merancang program jemput bola lewat program SIM keliling.

Program yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini bakal keliling di setiap desa yang ada di Buton. Tujuannya menarik minat warga untuk pembuatan SIM. “Masih banyak warga di Buton belum punya SIM,” ungkap Iptu Syahrul, Kasat Lantas Polres Buton, Senin (3/9/2018).

Makanya, pihaknya berinisiatif turun ke desa-desa di seluruh penjuru Buton guna meningkatkan minat warga mem buat SIM dan paham pentingnya izin mengemudi itu. Meski begitu, lanjut Syahrul rencana tersebut terlebih dulu akan dikoordinasikan dengan Direktorat Lalulintas Mabes Polri.

iklan zonasultra

“Kendala warga selama ini sebenarnya karena jarak, dari kampung mereka ke kantor Lantas Polres Buton,”ujarnya. Dengan program SIM keliling diharapkan minat mengurus izin bisa lebih baik.

“Kita pernah uji coba pembuatan SIM di sejumlah Polsek, antusias masyarakat membuat SIM itu cukup tinggi. Tapi program ini juga tidak berjalan baik karena tidak banyak warga yang tahu ada tim Satlantas di Polsek.

Nantinya dalam program ini, Satlantas akan bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas serta pihak-pihak terkait seperti camat, lurah atau kepala desa di masing-masing wilayah itu untuk mensosialisasikan pembuatan SIM keliling tersebut.

Untuk diketahui, dari total jatah SIM yang diberikan khususnya untuk wilayah hukum Polres Buton tahun 2018 ini adalah sekitar 2.000 keping. Sisa yang belum digunakan sekitar 900 keping.(B)

 


Reporter : Nanang
Editor : Abdi MR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib