Poltekes Kendari-Pemkab Konawe MoU Pengembangan Daerah Pesisir

Poltekes Kendari-Pemkab Konawe MoU Pengembangan Daerah Pesisir
MOU - Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kemitraan daerah pesisir dengan Pemerintah Kabupaten Konawe, Selasa (15/5/2018). (CR2/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kemitraan daerah pesisir dengan Pemerintah Kabupaten Konawe, Selasa (15/5/2018).

Plt Bupati Konawe Parinringi mengatakan, MoU ini untuk pengembangan daerah pesisir dan peningkatan taraf kesehatan yang dilakukan mahasiswa Poltekes Kendari bekerjasama dengan pemerintah daerah di wilayah Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

Dengan adanya kerjasama ini, Poltekes bisa membantu mengubah pola pikir masyarakat setempat tentang pentingnya menjaga kesehatan karena kebanyakan masyarakat pesisir itu dari Suku Bajo yang masih memegang teguh adat istiadat.

“Inilah tugas pemerintah daerah bersama Poltekes untuk bisa mempertahankan adat istiadat mereka tetapi juga bagaimana kita mengubah pola pikir masyarakat pesisir untuk memikirkan kesahatan mereka agar tidak terkena penyakit,” kata Parinringi di ruang Rapat Poltekes Kendari, Selasa (25/5/2018).

Lanjut Parinringi, Poltekes akan mengedukasi masyarakat di Kecamatan Soropia betapa pentingnya menjaga kesehatan tanpa mengenyampingkan adat istiadat yang masyarakat pesisir anut.

Parinringi berharap taraf kesehatan masyarakat pesisir dapat setara dengan masyarakat yang berada di daerah-daerah yang tidak tergolong daerah pesisir.

Kecamatan Soropia memiliki penduduk kurang lebih 9.000 jiwa terdiri dari 15 desa dan 1 kelurahan dan memiliki pulau yang menjadi destinasi wisata seperti Saponda dan Bokori. (B)

 


Reporter: CR2
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib