iklan zonasultra

Prabowo-Sandi Menang QC THI, Ali Mazi: Tunggu Pengumuman Resmi KPU

Sebelum Nyoblos, Ali Mazi Tinjau Sejumlah TPS di Kendari
TINJAU - Dengan menggunakan kemeja warna putih dipadu celana kain hitam, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada Kota Kendari, Sultra, Rabu (17/4/2019). (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Hasil hitung cepat (quick count) versi The Haluoleo Institute (THI), pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandi Salahudin Uno meraih suara terbanyak di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dengan perolehan suara mencapai 60,11 persen, pasangan nomor urut 02 itu unggul atas pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’aruf Amin yang hanya meraup 39,89 persen.

iklan zonasultra

Menanggapi hal itu, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengaku, hal itu sudah sesuai kehendak masyarakat Sultra yang tidak dapat diganggu gugat.

“Itulah kenyataan dalam berpolitik, artinya itu kan hak rakyat mau apalagi. Kita dari partai pengusung pasti berusaha, tapi semua itu kan kehendak rakyat. Tapi kan belum ada yang kalah dan yang menang ini,” ujar Ali Mazi saat ditemui awak media, Jumat (19/4/2019).

(Baca Juga : Quick Count THI: Prabowo-Sandi Menang 60,11 di Sultra)

Meski sudah ada hasil hitung cepat yang dirilis oleh lembaga survei, namun Ali Mazi mengaku, masih akan menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu. Ia pun tidak akan bersedih dengan hasil sementara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Sultra.

“Semua berusaha, buktinya di Muna tiga dapil Nasdem hampir menang semua hampir 10 kursi di Muna Barat. Bekerja tapi gimana yah,” ucapnya.

Untuk diketahui, Lembaga survei The Haluoleo Institute (HI) merilis hasil hitungan cepat pemilihan presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) 17 April 2019. Quick Count ini dilakukan selama dua hari sampai 18 April 2019.

(Baca Juga : Quick Count THI: Prabowo-Sandi Menang 60,11 di Sultra)

Hasilnya, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno menang telak dengan perolehan suara sebesar 60,11 persen. Sementara pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin jauh tertinggal dengan perolehan suara sebesar 39,89 persen dari total data suara yang masuk sebesar 84,08 persen.

Kemenangan Prabowo-Sandi sendiri diperoleh di 5 daerah pemilihan (Dapil) yakni Dapil 1 Kota Kendari, Dapil 2 Konawe Selatan dan Bombana, Dapil 3 Muna, Muna Barat, dan Buton Utara. Dapil 5 Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur, dan Dapil 6 Konawe, Konawe Utara, Konawe Kepulauan.

Sementara Jokowi hanya bisa merebut suara terbanyak di Dapil 4 yakni Kota Baubau, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Wakatobi. (b)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib