Tampilan Desktop



Praktek Nepotisme, Rektor UNJ Diadukan Ke Ombudsman
586 Dibaca

Praktek Nepotisme, Rektor UNJ Diadukan Ke Ombudsman OMBUDSMAN RI – Komisioner Ombudsman RI, Laode Ida menerima kedatangan sejumlah dosen yang mengatasnamakan Aliansi Dosen UNJ Bersatu mengadukan tindakan nepotisme Rektor UNJ, Djaali. (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Rektor UNJ Djaali diduga melakukan praktek nepotisme di kampus yang dipimpinnya saat ini. Hal ini terungkap saat sejumlah dosen yang mengatasnamakan Aliansi Dosen UNJ Bersatu mengadukan Djaali ke Ombudsman RI.

Sebelumnya, sempat beredar pesan whatsapp tentang dugaan KKN yang dilakukan oleh Djaali di internal grup dosen. Tiba-tiba Djaali bereaksi, melalui pengacaranya dengan melaporkan anggota grup tersebut dengan dugaan pencemaran nama baik. Sejumlah dosen pun telah diperiksa untuk diminta keterangan Kepolisian Jakarta Timur.

“Bagi kami apa yang dilakukan rektor terlalu berlebihan, akhirnya kami mempelajari dan memeriksa, ternyata memang ditemukan praktek nepotisme,” ujar Robertus Robet, salah satu dosen UNJ saat bertandang ke Ombudsman di bilangan Kuningan Jakarta Selatan, Senin (4/9/3017).

Praktek nepostime tersebut berdasarkan SK pengangkatan seperti pengangkatan Nurjanah yang merupakan anak kandung Djaali sebagai Kepala Pusat Studi Wanita dan Perlindungan Anak, padahal yang bersangkutan berlatar belakang pendidikan bidang pertanian.

Baso Maruddani, yang juga anak kandung menjabat sebagai Staf Pengelola Keuangan UNJ. Baso sendiri merupakan lulusan pendidikan teknik. Serta Wahyuningsih yang diterima sebagai dosen di Fakultas Ilmu Olah Raga. Pada saat diterima sebagai dosen, Wahyuningsih yang juga anak kandung Djaali hanya sebatas S1, namun dibantu disposisi ayahnya dengan memo bertuliskan “Buatkan surat kesediaan UNJ menerima”.

Menantunya sendiri pun tidak ketinggalan menjadi dosen Fakultas Ilmu Olahraga dan menjadi PNS pada 1 Januari 2017. Namun ia sudah diijinkan melanjutkan pendidikannya saat masih CPNS.

“Padahal ijin belajar dibolehkan oleh setelah satu tahun PNS berdasarkan aturan Menpan RB,” lanjut Robert.

Tak hanya soal nepotisme, dosen-dosen ini mengeluarkan unek-uneknya tentang kepemimpinam Djaali yang cenderung semena-mena. Komisioner Ombudsman RI, Laode Ida menerima kedatangan aliansi dosen UNJ Bersatu ini dengan seksama dan menggali keterangan-keteranga konflik internal UNJ yang makin memanas akhir-akhir ini.

“Terima kasih kepada semuanya, laporannya kami terima. Akan kami proses dengan segera,” ujar Laode Ida. (B)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com