iklan zonasultra

Produk Industri Kecil Sultra Siap Dijual Indomaret

Produk Industri Kecil Sultra Siap Dijual Indomaret
MOU - Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman yang ditandangani oleh para pelaku IMK di Sultra dengan Indomaret. Kerjasama ini difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra. (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sejumlah produk olahan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah siap dipasarkan di seluruh galeri Indomaret.

Hal itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (Mo) atau nota kesepahamana yang ditandangani oleh para pelaku IMK di Sultra dengan Indomaret. Kerjasama ini difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Penandantangan MoU itu dilakukan dalam Rapat Koordinasi Temu Bisnis dan Fokus Group Discussion (FGD) Penanganan Permasalahan Perdagangan Luar Negeri di Daerah yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kendari, Rabu (7/11/2018).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, Sitti Saleha menjelaskan MoU antara IKM dan Indomaret dilakukan agar hasil produk IKM bisa masuk sekaligus dipasarkan di Indomaret.

“Supaya lebih termotivasi dan lebih semangat IKM kita yang ada di Sultra. Dan memang sudah ada beberapa hasil produk IKM kita yang masuk di Indomaret. Salah satunya abon ikan teri dan kue-kue dari sagu, dan produk olahan lainnya,” terangnya.

Selain menjembatani MoU antara IKM dan Indomaret, Pemprov Sultra juga memberikan bantuan barang seperti mesin perbengkelan untuk 20 IKM di Sultra. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, kepada 20 IKM secara simbolis.

Sitti Saleha mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mendukung pertumbuhan IKM sesuai dengan visi misi gubernur dan wakil gubernur Sultra.

“Termaksud dalam program kerja 100 hari gubernur dan wakil gubernur, kemudian ada juga pelatihan dan diskusi dari kementerian perdagangan dengan pengembang ekspor nasional. Untuk membahas permasalahan-permasalahan yang kita hadapi di Sultra, terkait ekspornya terkait industrinya terkait dengan perdagangan dalam negerinya itu semua yang kita bahas,” jelasnya.

Sitti berharap, semua IKM di Sultra bisa lebih meningkatkan daya saing, tidak hanya di pasarkan di Indomaret tetapi juga bisa ekspor hingga keluar negeri.

“Jadi daya saing harus di tingkatkan, mulai dari kualitas isi dilengkapi dengan kemasan dan produk halal,” tutupnya.(B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib