iklan zonasultra

Program Buton Cerdas, Pemda Gandeng Universitas Sampoerna

Program Buton Cerdas, Pemda Gandeng Universitas Sampoerna
MoU - Bupati Buton, La Bakry (Tengah) di dampingi kadis Pendidikan Buton Harmin (Merah) saat menunjukan MoU anatar Pemda Buton dan Universitas Sampoerna. (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Mengoptimalkan program Buton Cerdas, Bupati Buton La Bakry telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Universitas Sampoerna (US), pada Kamis (3/12/2020) di Jakarta.

Program tersebut dijalankan guna meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Buton. “Penandatanganan MoU ini, sangat bermanfaat bagi generasi kita, karena melalui Buton Cerdas kita bisa kembangakan SDM,” katanya.

La Bakry menjelaskan, kerjasama keduanya yakni untuk program Strata Satu (S1) bagi lulusan SMA sederajat di Buton. Mereka akan menempuh pendidikan masuk di US dengan dua tahap. Pertama, diseleksi langsung oleh pihak universitas, dimulai tahapan seleksi berkas setelah lulus akan masuk tahap kedua dengan mengikuti training untuk masuk tahap kedua.

Bagi siswa yang lulus dan menempuh pendidikan di US, akan mendapatkan dua ijazah. Sementara itu, US sendiri telah bekerja sama dengan Universitas Arizona Amerika Serikat (US). Bahwa kurikulum di US dan Arizona sama. Bagusnya lagi pada semester tertentu akan kuliah di Arizona.

“Selain mendapatkan dua ijazah, siswa kita setelah menyelesaikan studi, mereka mempunyai kesempatan untuk bekerja di perusahaan dan jaringan Sampoerna group atau bisa langsung kembali ke daerah untuk mengabdi,” ucapnya.

Ia menambahkan MoU Pemda Buton dan US banyak asas manfaatnya. Selain program S1, pihak US akan memfasilitasi siswa melanjutkan program S2 dan S3 di dalam negeri bahkan sampai luar negeri. (a)

 


Penulis: M7
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib