iklan zonasultra

Program Jumat Barokah, Dinas Perumahan Konut Siapkan Bantuan

Kepala Dinas Perumahan Konut, Azis Muslim
Azis Muslim

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU– Program jumat barokah yang dijalankan Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak 2017 lalu terus berlanjut. Pada 2020 ini, agenda tersebut kembali dijalankan dan menyisir desa-desa yang berada di 13 kecamatan.

Berkaitan hal itu, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Konut telah menyiapkan bantuan berupa bahan bangunan untuk masyarakat yang tersentuh program jumat barokah. Donasi tersebut, gratis diberikan kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian pemerintah setempat.

“Program jumat barokah, masing-masing dinas telah diberi tanggung jawab untuk bekerjasama dengan masyarakat melakukan pembenahan seperti rumah dan lainnya. Nah, untuk kami di Dinas Perumahan sudah siapkan bantuannya. Di mana kami diberi tugas di situ kami perbantukan,” kata Kepala Dinas Perumahan Konut, Azis Muslim, Rabu (4/3/2020).

iklan zonasultra

Diungkapkannya, melalui pimpinan daerah program jumat barokah saat ini sudah mulai dijalankan seperti di Desa Padalere Kecamatan Wiwirano dan Desa Otipulu Kecamatan Lasolo. Di dua desa itu berbagai fasilitas bantuan diturunkan guna kebutuhan hidup masyarakat.

(Baca Juga : Dinas Perumahan Konut Luncurkan Aplikasi Siumah untuk Masyarakat)

“Di Desa Otipulu kami bantukan bahan bangunan untuk 4 unit rumah, ditambah mandi cuci kakus (MCK). Sedangkan di Desa Padalere juga kita bantukan bahan bangunan untuk 4 unit rumah termasuk MCK,” ujarnya.

“Pekerjaannya kita gotong royong bersama masyarakat, seperti memplester, plamir, cat. Dan juga ada beberapa rumah kita lakukan penggantian dinding rumah masyarakat yang terbuat dari bahan kayu (papan),” tambahnya.

Dikatakannya, bantuan program jumat barokah yang diberikan berbeda dengan bantuan perumahan masyarakat miskin yang akan disalurkan nanti.

“Kalau untuk bantuan perumahan yang menjadi program pemerintah melalui Dinas Perumahan saat ini dalam tahap proses. Itu diverifikasi langsung oleh tim dari Kementerian bersama Pemda Konut agar penyalurannnya tepat sasaran,” tukasnya. (B)

 


Reporter:Jefri Ipnu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib