Tampilan Desktop



Program Jumat Barokah, Pemda Konut Benahi 67 Rumah Nelayan di Desa Ulu Sawa dan Salurkan Bantuan Rp 270 Juta
69 Dibaca

Program Jumat Barokah, Pemda Konut Benahi 67 Rumah Nelayan di Desa Ulu Sawa dan Salurkan Bantuan Rp 270 Juta PROGARAM JUM’AT BAROKAH – Pemda Konut bersam masyarakat Desa Ulu Sawa, Kecamatan Sawa bergotong royong membenahi 67 rumah nelayan setempat. Dalam kegiatan itu, Pemda juga menyalurkan bantuan dana sebesar Rp 270 juta dan pemberian pelayanan kesehatan gratis. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar program Jum’at Barokah dengan membenahi rumah tidak layak huni menjadi layak huni milik masyarakat di Desa Ulu Sawa, Kecamatan Sawa.

Desa yang berada di pesisir pantai itu, dihuni oleh 67 kepala keluarga (KK) dengan penduduk sekitar 350 jiwa. Mereka berpenghasilan sebagai nelayan.

Tak hanya itu, dalam kegiatan kemanusiaan yang dipimpin langsung oleh Bupati Konut Ruksamin itu juga melakukan pembenahan infarstruktur jalan yang rusak parah serta penyaluran berbagai bantuan lainnya, seperti Televisi, Warles, 1000 bibit pohon trambesi, LCD, komputer, beras, terpal, tikar plastik, makanan balita, obat-obatan, pakaian dan selimut dengan total keseluruhan Rp 270 juta di salurkan ke warga setempat.

Selanjutnya, 50 tim medis terpadu dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Konut juga memberikan pelayanan kesehatan dan pemasangan implan gratis kepada warga dengan mendirikan pos pelayanan yang telah dilengkapi fasiltas alat medis dan mobilisasi.

Ruksamin dalam sambutannya mengatakan, bantuan yang telah diberikan berasama para Kepala SKPD Konut itu bukan untuk mencari popularitas dan sanjungan di masyarakat. Tapi semata-mata wujud upaya pemerintah setempat untuk dapat bersentuhan langsung, melihat, merasakan dan mendegar apa yang diharapkan dan di butuhkan masyarakat setempat.

“Kita menangkap ikan bersama warga di laut, memancing, memukat, memasak, makan bersama, kerja bersama. Dari situlah kita mendapat gambaran tentang bagaimana kondisi kehidupan masyarakat di Desa Ulu Sawa ini, sehingga kedepannya kita sudah mengetahui apa yang harus kita jalankan dan perbuat agar kedepanya, hidup mereka lebih kayak dan sejahtera,” kata Ruksamin dalam sambutannya di acara itu, Jum’at (8/9/2017).

Arsamin Kades Ulu Sawa mengapresiasi program pemerintah yang dapat bersentuhan langsung ke masyarkat itu. Kata dia, sejak Konut mekar dari Konawe tahun 2007 lalu, belum pernah diadakan program kerja pemda yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Dijelaskan, warga desa yang dipimpinya hanya mengharapkan pengsilan dari hasil laut. Namun mereka masih terhambat pada keterbatasan fasilitas untuk menangkap ikan.

“Kami sangat senang berbagai bantuan dan pelayanan kesehatan diberikan. Kedepannya kami berharap pemerintah bisa lebin memperhtikan kami lagi masyarkat nelayan di sini agar bisa mendapat kesejatraan hidup yang lebih baik,”Terangnya.

Ece (40) tak kuasa menahan tangis saat Bupati Konut, Ruksamin melihat kediamanya yang lagi dibenahi. Kepada Ruksamin ibu dua anak ini mengatakan, merasa sangat terbantu lantaran hidupnya yang serba pas-pasan dengan pengasilan suaminya sebagai nelayan Rp 500 perbulan sangat susah untuk memperbaiki rumahnya.

Bermodel rumah panggung berukuran kecil yang hanya beratapkan daun rumbia dengan dinding papan yang sudah rapuh, di situlah ibu rumah tangga ini bersama suaminya memberikan perlindungan kepada buah hatinya.

“Syukur sekali kasian kami bisa terbantu. Mudah-mudahan kedepannya pemerintah bisa lebih perhatikan kami lagi ini yang hidup apa adanya,” katanya.

Kegiatan Jumat barokah yang diprogramkan tiap bulan sekali itu dilakukan di setiap kecamatan yang ada di Konut. Program itu juga dihadiri pimpinan TNI dan Polri yang ada di deerah itu. Kegiatan itu diakhir dengan menggelar doa yasinaan bersama di masjid Ulu Sawa. (B)

 

Reporter : Jefri Ipnu
Editor: Abdul Saban

Tagged with:
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com