iklan zonasultra

PT Antam UPBN Sultra Bedah Rumah Warga Desa Totobo

PT Antam UPBN Sultra Bedah Rumah Warga Desa Totobo
ANTAM - GM PT Antam UBPN Sultra, Tri Hartono secara simbolis menyerahkan bantuan bedah rumah milik Hamdana kepada Kades Totobo, Muslimin, Kamis (28/12/2017). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

PT Antam UPBN Sultra Bedah Rumah Warga Desa TotoboANTAM – GM PT Antam UBPN Sultra, Tri Hartono secara simbolis menyerahkan bantuan bedah rumah milik Hamdana kepada Kades Totobo, Muslimin, Kamis (28/12/2017). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – PT Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) membedah rumah Hamdana, warga desa Totobo, kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka, Kamis (28/12/2017).

General Manager (GM) PT Antam UBPN Sultra Tri Hartono mengatakan, bedah rumah itu dilakukan sebagai wujud kepedulian mereka terhadap kondisi kehidupan masyarakat di areal ring satu, wilayah operasi Antam di kecamatan Pomalaa.

Selain di desa Totobo, selama tahun 2017 ini, pihaknya telah memberdah 11 rumah tidak layak huni milik warga menjadi layak huni. Semuanya rumah milik warga yang berada di kecamatan Pomalaa.

Dikatakannya, bedah rumah ini yang dilakukan PT Antam melalui dana Community Social Responsibility (CSR) itu dilaksanakan sejalan dengan program Dinas Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kolaka. Dimana dalam pelaksanaannya, Antam beberapakali turut andil dalam program bedah rumah di kabupaten Kolaka, utamanya di wilayah-wilayah pumikiman kumuh.

“Inisiasi Bedah Rumah ini untuk membantu nasyarakat dalam memiliki rumah layak huni. Kedepan, kami akan mengevaluasi program ini, supaya apa yang kita berikan kepada masyarakat tidak hanya mempertimbangkan kuantitas saja, tapi kualitasnya juga, seperti rumah sehat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Tri Hartono juga menyatakan komitmennya akan kepedulian PT Antam terhadap pembangunan masyarakat di kecamatan Pomalaa.

Menurutnya, sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), keberadaan Antam di Pomalaa bertujuan untuk membantu mempercepat proses pembangunan masyarakat.

Untuk itu, ia meminta dukungan masyarakat kecamatan Pomalaa atas keberlanjutan operasional perusahaan tambang milik negara itu. Kata dia, dukungan positif masyarakat Pomalaa akan membantu Antam dalam mengiptimalkan sumbangsih mereka terhadap negara. Sehingga hasilnya pun dapat dinikmati oleh masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Desa (Kades) Totobo, Muslimin mengapresiasi kepedulian PT Antam terhadap warganya yang diwujudkan melalui bantuan bedah rumah itu.

Dia mengakui, perhatian perusahaan tambang plat merah itu terhadap masyarakat di Pomalaa sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya program bantuan CSR Antam yang disalurkan ke desanya.

“Antam sudah membantu kita membangun talud, jembatan, gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta berbagai program peningkatan ekonomi masyarakat. Ini merupakan salah satu dari sekian banyak komitmen Antam terhadap pembangunan masyarakat,” kata Muslimin.

Dia juga mengajak warganya untuk mendukung keberlangsungan operasional PT Antam di Pomalaa dengan menciptakan suasana aman dan
menjaga konduasifitas lingkungan desa serta membangun hubungan yang baik dengan perusahaan itu.

Senada dengan itu, Sekretaris Kecamatan Pomalaa, Bachtiar Yusuf juga mengunkapkan hal yang sama. Kata dia, program bedah rumah yang digagas oleh PT Antam ini sebenarnya sudah pernah dilakukan sejak tahun 2007 hingga 2012 lalu melalui program Rumah Sehat.

“Saat itu Antam membantu pembangunan rumah milik warga, menyediakan instalasi listrik serta air dan kamar mandi,” kata Bachtiar.

Dia menilai, kepedulian Antam terhadap warga di kecamatan Pomalaa yang disalurkan melalui dana CSR selama ini sudah sejalan dengan program bedah rumah PUPR melalui Pokmas Harum. (*)

 

Penulis : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib