iklan zonasultra

PT GKP Diduga Serobot Lahan Warga, Ali Mazi: Itu Omong Kosong

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi
Ali Mazi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi angkat bicara, terkait salah satu perusahaan tambang PT Gema Kreasi Perdana (GKP) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). PT GKP diduga telah menyerobot lahan warga di Desa Roko-roko Raya, Kecamatan Wawonii Tenggara, Konkep.

Ali Mazi menyebut bahwa hal itu bukanlah suatu penggusuran. Menurutnya, pihak perusahaan PT GKP telah membayar ganti rugi kepada pemilik lahan yang ada di kawasan itu.

Baca Juga : Perusahaan Tambang di Konkep Diduga Serobot Lahan Warga

iklan zonasultra

“Tidaklah, itu omong kosong itu kita sudah turunkan tim kejaksaan semua kok. Kita sudah turunkan tim, masyarakat setempat kan juga sudah terima kok. Jadi begini kan itu ada 9 izin usaha pertambangan (IUP) kita sudah cabut, nah daerah itu kalau potensi ada yah kita biarkan saja,” ujar Ali Mazi ketika ditemui awak media, usai menggelar rapat koordinasi (rakor) di salah satu hotel Kendari, Kamis (11/7/2019).

Ia menjelaskan, potensi daerah seperti perikanan, pariwisata, serta pertambangan harus dikelola dengan baik, untuk menambah penghasilan daerah itu sendiri. Pihaknya pun telah melakukan evaluasi terkait IUP-IUP yang ada di Kabupaten Konkep.

Baca Juga : Ali Mazi Janji Tarik Randis Kalau Terus Menunggak Pajak

“IUP-IUP ini sudah ada yang dikeluarkan, ada yang sudah tidak sesuai kita cabut. Kira-kira yang bisa berjalan yah kita jalankan. Sudahlah kita sekarang begini lebih baik turun langsung ke lapangan, toh kita kan tidak mau bohongi rakyat, kita pikirkan daerah kita bisa maju,” tandasnya.

Sebelumnya, PT GKP diduga telah menyerobot lahan warga di Desa Rokoroko-roko Raya, Kecamatan Wawonii Tenggara. Peristiwa pembongkaran kebun warga yang akan dijadikan jalur khusus untuk persiapan pemuatan ore nikel PT GKP terjadi pada Selasa (9/7/2019). (B)

 


Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib