iklan zonasultra

PU Konkep Realisasi Peningkatan Infrastruktur Obyek Wisata Tumburano

PU Konkep Realisasi Peningkatan Infrastruktur Obyek Wisata Tumburano
PERBAIKAN JEMBATAN - Crew bidang bina marga dinas PU Konkep saat melakukan perbaikan salah satu jembatan menuju obyek wisata tumburano, di desa tumburano, kecamatan wawonii utara, Konkep. (Foto:istimewa)

ZONASULTRA.COM, LANGARA – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra), merealisasikan peningkatan tahap akhir jalan menuju objek wisata Air Terjun Tumburano di Desa Tumburano, Kecamatan Wawonii Utara.

Kepala Bidang Bina Marga PU Konkep, Unang Sulaeman kepada Zonasultra.com, Rabu (25/12/2019) di Langara mengatakan, jalan ke Tumburano sudah sampai tahap akhir dan selanjutnya dilakukan pengaspalan.

“Namun belum dapat diprediksi berkait jadwal pengaspalannya meski telah diusulkan dalam program pembangunan lanjutan,” kata Unang.

iklan zonasultra

Pembangunan aspal menuju obyek wisata ini dapat dilanjutkan, hal tersebut karena ruas jalan lingkar menjadi prioritas, sehingga dibutuhkan penyesuaian anggaran demi meratanya pembangunan jalan di daerah itu.

(Baca Juga : Dinas PU Konkep Terus Genjot Pembangunan Jalan dan Jembatan)

“Alhamdulillah sudah terlaksana sebelum masa libur akhir tahun, perbaikan jalannya ini sepanjang 7 kilometer dan lebar kurang lebih 10 meter. Jembatan berupa jembatan sebanyak 8 unit, semua sudah diperbaiki. Program perencanaan ini masuk dukungan obyek wisata,” urainya.

Upaya tersebut juga sebagai tindaklanjut dalam surat permintaan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parmudora) perihal dukungan perbaikan akses jalan menuju obyek wisata Tumburano, yang disampaikan melalui surat resmi beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah kita pasti dukung karena itu merupakan program pemerintah, apalagi untuk peningkatan akses jalan kedaerah wisata untuk peningkatan PAD. Dan alhamdulillah sudah terlaksana sebelum masa libur akhir tahun natal dan tahun baru (nataru),” imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata Parmuddora Konkep, Armin membenarkan keterangan tersebut. Upaya tersebut, kata dia, bertujuan untuk mempersiapkan penerapan Peraturan Daerah (Perda) terkait Retribusi daerah dan peningkatan fasilitas obyek wisata itu.

PU Konkep Realisasi Peningkatan Infrastruktur Obyek Wisata Tumburano
Jalan menuju obyek wisata tumburano ketika tengah dilakukan perbaikan. Akses tersebut masuk dalam program peningkatan jalan tahap akhir. (Foto : Istimewa)

“Persiapan penarikan retribusi makanya kami meminta dukungan PU untuk peningkatan jalan dan jembatan menuju tumburano. Kan ada beberapa jembatan kayu yang rusak dan tidak memungkinkan untuk diseberangi,” katanya.

Selain itu, lanjut Armin, permintaan dukungan tersebut juga untuk mempermudah akses dalam fokus program pengembangan wisata untuk peningkatan infrastrukturnya. Sehingga dilakukan kordinasi lintas Dinas untuk penataan fasilitas obyek wisata itu.

“Surat kami masuk bulan lalu dan langsung direspon oleh dinas PU, dan alhamdulillah untuk saat ini tingkat kenyamanan bagi masyarakat setempat maupun pengunjung cukup lumayan. Kita pastikan karna tiap hari banyak yang berkunjung kesana,” tukas Armin. (b)

 


Penulis : M4
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib