Honda

Puan Maharani Target AKD Rampung Sebelum Pelantikan Presiden

Puan Maharani Target AKD Rampung Sebelum Pelantikan Presiden
DPR RI - Ketua DPR Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin di Gedung Nusantara I DPR RI Senayan Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019). (https://zonasultra.b-cdn.net/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani masih menyusun formasi alat kelengkapan dewan (AKD). Puan menargetkan AKD rampung sebelum pelantikan Presiden Joko Wododo (Jokowi) pada 20 Oktober mendatang.

“Kalau bisa minggu ini ya minggu ini, kalau belum ya minggu depan masih ada waktu. Target sebelum pelantikan presiden tanggal 20,” kata Puan di Gedung Nusantara I DPR RI Senayan Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

Baca Juga : Enam Anggota DPR RI Asal Sultra Resmi Dilantik

iklan zonasultra

Puan baru saja rapat pimpinan DPR dan dilanjutkan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi. Ia mengatakan masih melakukan pembicaraan untuk mencari kesepakatan.

“Beberapa hal sudah disepakati, beberapa hal lagi saya meminta pimpinan fraksi untuk melakukan musyawarah dan mufakat terkait hal-hal yang memang harus dilakukan,” ujarnya.

Ketua DPR RI ini menegaskan, prinsipnya harus menjaga harmonitas yang ada di DPR sesuai dengan undang-undang. Selanjutnya dalam menentukan keputusan maupun kebijakan dilakukan dengan musyawarah dan mufakat.

Baca Juga : Ini Nama-nama 45 Anggota DPRD Sultra yang Dilantik

Telah disepakati pimpinan AKD meliputi 11 pimpinan komisi, terdiri atas satu ketua dan tiga wakil ketua, Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN), Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP), Badan Anggaran (Banggar), Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Badan Legislasi (Baleg), dan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Puan terpilih menjadi Ketua DPR RI didampingi empat wakilnya, masing-masing dari Fraksi Golkar Aziz Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Rachmat Gobel dari Fraksi Partai Nasdem, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (a)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib