iklan zonasultra

Puisi Haru Iringi Langkah Nur Akbar Tinggalkan Polres Konawe

Puisi Haru Iringi Langkah Nur Akbar Tinggalkan Polres Konawe
Upacara Tradisi Pelepasan - Kapolres Konawe AKBP Muhammad Nur Akbar berserta isteri saat berada dalam lingkaran pedang pora. Nur Akbar resmi digantikan oleh AKBP Susilo Setuawan. (Restu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – “Menyapamu dalam keheningan”, narasi ini menjadi kalimat pembuka sekaligus pengiring langkah AKBP Muhammad Nur Akbar dan isterinya dalam upacara tradisi pelepasan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilaksanakan di Makopolres Konawe.

Sejak Selasa (16/12/2019) kemarin, jabatan Kapolres Konawe, resmi berpindah dari AKBP Muhammad Nur Akbar ke AKBP Susilo Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kolaka Utara.

Iklan Zonasultra

Nur Akbar menjabat sejak 21 Juni 2017 sampai 05 Desember 2019. Dimasa kepemimpinannya, Polres Konawe berhasil meraih penghargaan dari Mabes Polri sebagai Polres dengan jumlah penyelesaian kasus tindak pidana korupsi terbanyak se Indonesia selama dua tahun berturut-turut.

Baca Juga : Humas Polda Sultra Resmi Dipimpin Mantan Kapolres Konawe

Suasana baru semakin terasa kala Nur Akbar mulai melewati dan menyalami satu persatu mantan anak buahnya yang sudah berbaris rapi disepanjang jalan yang akan dilewatinya.

“Langkahmu yang berwibawa, ayunan tanganmu yang menyatu, merangkul kami yang letih, membawa kami memasuki lingkaran yang penuh arti,” bunyi bait puisi yang dibacakan salah satu polisi wanita berpangkat Brigadir Kepala (Bripka).

Puisi Haru Iringi Langkah Nur Akbar Tinggalkan Polres Konawe

Pria yang mengenyam pendidikan dasar di salah satu sekolah yang ada di Unaaha itu dikenal sebagai sosok yang baik dan hamber, ia juga tipikal orang selalu bersikap tenang dalam menyelesaikan masalah, namun tegas dalam tugas.

Kini Akbar resmi mendapatkan promosi jabatan sebagai Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sultra menggantikan AKBP Harry Goldenhart.

Baca Juga : Dansat Brimob Hingga 4 Kapolres di Polda Sultra Berganti

“Wahai pemimpinku. Kini kami melepas kasih sayang itu, kini kami mengiringi kepergianmu, walaupun jauh namamu terukir indah dalam ingatanku. Selamat jalan kenanganku, tetap segarlah kami dalam ingatanmu, menemani harimu disetiap masa baktimu, selamat jalan,” Bait terakhir dari puisi seduh itu.

Upacara tradisi pelepasan ini dimulai dengan upacara pedang pora yang dilakukan oleh para perwira polisi yang bertugas di Polres Konawe. Beberapa orang masyarakat sipil juga ikut menyaksikan acara yang sangat khidmat itu. Usai mengikuti upacara AKBP Muhammad Nur Akbar beserta isteri langsung meninggalkan Polres Konawe. (b)

 


Kontributor : Restu Tebara
Editor : Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib