Tampilan Desktop



Puluhan Rumah di Amonggedo Konawe Terendam Banjir, Kecamatan Lain Siaga Bencana
273 Dibaca

Puluhan Rumah di Amonggedo Konawe Terendam Banjir, Kecamatan Lain Siaga Bencana BANJIR – Puluhan rumah di Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 60 centimeter. Hal ini diakibatkan tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur Konawe dan sekitarnya serta meluapnya sungai Anggapoa yang berada di wilayah tersebut. (Restu Tebara/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Puluhan rumah di Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 60 centimeter. Hal ini diakibatkan tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur Konawe dan sekitarnya serta meluapnya sungai Anggapoa yang berada di wilayah tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, Dedet Ilnari Yusta menjelaskan, berdasarkan pantauan tim rescue di lapangan terdapat dua kecamatan yang terkena bencana banjir dan tanah longsor.

Baca Juga : Beberapa Kecamatan di Konawe Mulai Terkepung Banjir

“Untuk bencana banijir terdapat di Kecamatan Amonggedo dan beberapa rumah warga di Kecamatan Sampara. Di kecamatan ini juga terdapat empat unit rumah warga yang terkena bencana tanah longsor,” kata Dedet saat melakukan pendataan korban bencana di Amonggedo, Minggu (14/5/2017)

Puluhan Rumah di Amonggedo Konawe Terendam Banjir, Kecamatan Lain Siaga Bencana

Sejauh ini, lanjut Dedet, beberapa kecamatan seperti Pondidaha, Wawotobi, dan Anggalomoare masih berstatus siaga bencana. Selain itu, data dari BMKG juga menunjukkan jika wilayah Konawe masih berpotensi diguyur hujan mulai dari skala ringan hingga lebat, sehingga kemungkinan akan adanya bencana banjir dan tanah longsor di wilayah-wilayah lain masih sangat besar.

Baca Juga : Apa Penyebab Hujan Sepanjang Hari Ini? Ini Penjelasan BMKG

BPBD Konawe saat ini masih terus melakukan pantauan di beberapa titik rawan. Terkait evakuasi, ia mengaku pihaknya masih melakulan pendataan di lapangan untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang dialami oleh warga korban banjir.

“Tim juga sudah memantau titik-titik untuk lokasi pengungsian. Sejauh ini masyarakat Amonggedo yang terkena dampak terparah masih kita data, dan beberapa diantaranya sudah mulai mengungsi di rumah kerabat,” ujarnya.

Dari pantauan awak Zonasultra.com di lapangan, beberapa warga desa di Kecamatan Amonggedo sudah mulai dievakuasi. Sebab ketinggian air di wilayah tersebut semakin naik. Hingga saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe belum menurunkan bantuannya. (B)

 

Reporter : Restu Tebara
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com