iklan zonasultra

Puskesmas Paka Indah Programkan Wisuda Bayi IDL Pertama di Sultra

WISUDA BAYI IDL - Wisudawan-Wisudawati bayi Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) dan balita boster, serta fashion show anak yang diprogramkan Puskesmas Paka Indak Konut, untuk memotivasi para ibu menjalankan imunisasi anak secara rutin. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU-Puskesmas Paka Indah, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menjalankan program wisuda Bayi Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) dan balita booster, serta fashion show anak. Kegiatan tersebut menjadi yang pertama kali di wilayah Sultra, khususnya daerah Konut.

Kepala Puskesmas Paka Indah, Siska mengatakan, metode bidang kesehatan itu bertujuan untuk memberikan motivasi dan meningkatkan minat masyarakat, khususnya para ibu untuk mengimunisasi anaknya secata rutin. Serta, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi.

Dijelaskan, wilayah Konut imunisasi anak seringkali disepelekan oleh para orang tua. Sehingga, dampaknya tak jarang menimbulkan berbagai macam penyakit yang menimpa anak sampai pada kematian karena tak memiliki sistem kekebalan tubuh dan anti bodi.

Olehnya itu, lanjut wanita kerap disapa Cika ini, untuk memberikan dorongan dan semangat pihaknya membuat program baru yaitu, wisudawan-wisudawati bagi bayi yang telah memiliki imunisasi dasar lengkap dan balita boster. Untuk lebih menarik juga diadakan fashion show anak dengan berbagai macam tampilan kostum dengan gerakan menarik.

Puskesmas Paka Indah Programkan Wisuda Bayi IDL Pertama di Sultra“Selain memberikan kesadaran terhadap peran orang tua tentang imunisasi. Program yang kami jalankan ini juga secara perlahan dapat membentuk jati diri dan kepercayaan diri bagi anak-anak. Selain diwisuda yang terbaik, kita berikan hadiah kepada fashion show yang terbaik,”kata Cika yang juga berprofesi sebagai dokter umum ini dikonfirmasi, Jumat (24/5/2019).

Diungkapkan, kegiatan tersebut telah dilaksanakan di Puskeasmas Paka Indah dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang terdiri dari bayi umur 0-18 bln, balita umur 2 tahun, serta anak-anak fashion show umur 4 sampai 6 tahun.

“Ini terobosan baru kami dibawah bimbingan Kadis Kesehatan ibu Nurjannah Efendi, sebagai upaya agar pelayanan jaminan kesehatan lebih baik lagi. Semua peserta terdiri dari wilayah kerja puskesmas kami yaitu Desa Paka Indah, Tinondo Indah, Polora Indah, Sambandete, dan Desa Trans Puuhialu,”ujarnya.

(Baca Juga  : Sukses Jalankan Kampung KB, DPPKB Konut Fokus Peningkatan SDM)

Dia menambahkan, agenda yang dijalankan sangat diminati warga, karena selain menghibur juga dapat menghilangkan ketakutan anak saat akan diimunisasi. Dukungan dan suport santuan dana juga langsung diberikan dari Bupati dan Wakil Bupati Konut, Ruksamin-Raup, serta Ketua PKK Konut, Nur Ponira Ruksamin

“Kegiatan ini kita terus upayakan agar tetap berjalan dengan melahirka ide-ide baru demi masyarakat kita. Apalagi ini menjadi terobosan baru. Alhamdulillah puskemas kami juga ini sudah terakreditasi, olehnya itu harus lebih kreatif lagi,”terangnya.(b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib