Puskesmas Tirawuta Raih Akreditasi Utama

Puskesmas Tirawuta Raih Akreditasi Utama
AKREDITASI UTAMA - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih akreditasi utama dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (Samrul/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Pusat Pelayanan Kesehatan (Puskesmas) Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil mengukir prestasi dengan meraih akreditasi utama dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kepala Puskesmas Tirawuta, Baharuddin mengatakan keberhasilan yang diraih itu tak lepas dari dukungan lintas sektor dan komitmen kuat dari staf puskesmas Tirawuta.

Dikatakan, banyak persiapan yang mereka lakukan sebelum mengajukan penilaian akreditasi. Bahkan sampai-sampai mengadakan kaji banding di Puskesmas Garuda, Bandung.

“Kami banyak mendapat dukungan dari Pemda (Pemerintah Daerah) Koltim, yang mana ibu Kadis Kesehatan telah membawa kami kaji banding. Dan, kami banyak belajar di sana (Puskesmas Garuda Bandung), tentang akreditasi, dokumen dan pelayanan optimal. Semua pelajaran itu kami adopsi dan kami aplikasikan di Puskesmas Tirawuta,” papar Baharuddin, Jumat (18/1/2019).

Kata dia, untuk mendapat akreditasi utama, mereka harus melalui tiga sistem penilaian inti. Pertama, administrasi dan manajemen (admen), kemudian Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP), serta Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). Selain itu, ada juga penilaian tata graha atau fisik.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Koltim, Surya Hutapea membenarkan jika puskesmas binaannya itu berhasil meraih akreditasi utama untuk tingkat Sultra.

“Alhamdulillah diantara 17 kabupaten /kota se-Sultra, Puskesmas Tirawuta berhasil mendapat penilaian akreditasi utama tahun 2018, sementara Puskesmas yang lain meraih akreditasi dasar dan madya,”ucapnya.

Sebagai pimpinan, Surya menyampaikan prestasi yang telah diperoleh itu merupakan landasan tugas, tanggung jawab dan beban moril besar.

“Minimal harus dipertahankan atau jika perlu ditingkatkan ke depan,”terangnya. (B)

 


Kontributor: Samrul
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib