iklan zonasultra

Putra Muna Jadi Pj Gubernur Jateng

Putra Muna Jadi Pj Gubernur Jateng
PELANTIKAN - Mendagri, Tjahjo Kumolo saat melantik Syarifuddin sebagai Pj Gubernur Jateng, Kamis (23/8/2018). Syarifuddin selama ini adalah Dirjen di Direktorat Jenderal Keuangan Daerah, Kemendagri. (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Putra daerah Sulawesi Tenggara, tepatnya dari Muna, Drs Syarifudin M.M baru saja mencatat sejarah. Kamis (23/8/2018) pagi ini, ia dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), menggantikan Ganjar Pranowo yang masa jabatannya berakhir. Syarifuddin selama ini adalah Dirjen di Direktorat Jenderal Keuangan Daerah, Kemendagri.

“Selamat buat Pak Syarifuddin, putra Sultra yang dilantik jadi Pj Gubernur Jateng, semoga amanah,” kata Teguh Setyabudi, Pj Gubernur Sultra lewat whatsappnya kepada zonasultra.com. Sepengetahuan Teguh, Dirjen Keuangan Daerah itu memang putra Sultra, tepatnya dari Muna.

Teguh mengirimkan sebuah foto kepada zonasultra.com saat ia bersama Syarifuddin di dalam sebuah perjalanan dan memberi caption menarik. “Saya, orang Jateng yang ke Sultra, sementara beliau orang Sultra yang ke Jateng,” katanya, dengan menambahkan emoticon bendera Indonesia.

iklan zonasultra

Putra Muna Jadi Pj Gubernur JatengSementara itu, mantan Bupati Muna Ridwan Bae juga mengakui bahwa Syafruddin adalah mantan pejabat di Muna. “Setahu saya, beliau itu mantan camat Labuan (Wakorumba Utara-red),” kata Ridwan, saat dikonfirmasi. Hanya saja, ia tidak bisa memastikan apakah posisi camat itu saat Ridwan jadi bupati atau di era bupati Muna yang lainnya.

Untuk diketahui, masa jabatan Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah berakhir hari ini, Kamis (23/8/2018). Untuk mengisi kevakuman kursi Jateng 1, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo melantik Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Syarifuddin MM.

Diketahui, Ganjar Pranowo terpilih kembali pada Pilkada Serentak 2018. Itu artinya Penjabat Gubernur ini akan mengisi kursi Gubernur Jateng kurang lebih 23 hari sebelum masuk masa pelantikan Ganjar Pranowo untuk periode 2018-2024.

Pelantikan Penjabat ini sesuai dengan keputusan Presiden No 133/P2018 tentang pengesahan dan pemberhentian dengan hormat gubernur dan wakil gubernur periode 2013-2018 dan pengangakatan Penjabat Gubernur Jawa Tengah.

Putra Muna Jadi Pj Gubernur Jateng
Teguh Setyabudi (kanan), putra Jateng yang jadi Pj Gubernur Sultra dan Syafruddin (kanan), putra Sultra yang jadi Pj Gubernur Jateng. (Foto : Istimewa)

“Sebelum saya mengambil sumpah atau janji, saya ingin bertanya apakah bapak Syarifuddin bersedia diambil sumpah?,” tanya Mendagri Tjaho Kumolo yang langsung dijawab bersedia oleh Syarifuddin.

Dalam sambutannya, Ganjar mengatakan dirinya menitipkan Jawa Tengah tidak sampai 1 bulan kepada Syarifudin. Ia yakin Syarifudin merupakan sosok yang mumpuni sebagai pemimpin karena berpengalaman sebagai Dirjen. “Pak Syarifudin selamat bekerja. Beliau ini orang yang sangat paham, apalagi beliau seorang Dirjen,” tandas Ganjar. (A)

 


Penulis : Rizki Arifiani
Editor : Abdi MR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib