iklan zonasultra

Raih 69 Kursi di Sultra, PDIP Jadi Pemenang Pemilu 2019

TKD Sultra Pastikan Jokowi Kampanye di Kendari
Hugua

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pleno rekapitulasi perhitungan hasil perolehan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah selesai dilakukan di Hotel Claro, Minggu (12/5/2019).

Ketua Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Hugua mengaku, partai yang dikomandoi Megawati Soekarno Putri tersebut menjadi pemenang pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Sultra dengan raihan total kursi parlemen terbanyak.

Hugua mengklaim, partai yang ia pimpim di Bumi Anoa itu, mampu mengalahkan partai politik (Parpol) yang cukup mendominasi gelaran pemilu periode 2014-2019, seperti Golkar dan PAN. Hal itu, merupakan prestasi terbaik partai wong cilik sepanjang sejarah di Sultra.


Raihan kursi PDIP di Sultra sebanyak 69. Dengan rincian 63 dari kabupaten/kota, lima dari provinsi dan satu DPR RI. Sementara partai Golongan Karya (Golkar) hanya meraih 65 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 64 kursi dan Nasdem 60 kursi.

Baca Juga : KPU RI Sahkan Hasil Pilres di Sultra Tanpa Kehadiran Saksi Dua Capres

“Pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) 2014 lalu kami mendapat 46 kursi, kini naik cukup signifikan di 2019 ini,” klaim Hugua, saat diwawancarai Rabu (15/5/2019)

Lebih lanjut, kata Hugua, PDIP mampu merebut unsur pimpinan di 11 daerah. Dua di antaranya kursi Ketua DPRD di Kabupaten Buton Selatan (Busel) dan Buton Tengah (Buteng). Sementara 9 daerah lain menduduki kursi wakil ketua yakni di Kabupaten Wakatobi, Baubau, Buton Utara (Butur), Muna, Konawe Utara (Konut), Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Kolaka dan Kolaka Utara (Kolut).

“Target kami sebenarnya empat daerah yang akan menduduki kursi ketua, tapi sayangnya di Butur dan Muna tak terwujud,” ujarnya.

Selain itu, PDIP berhasil merebut 5 kursi untuk DPRD Provinsi Sultra. 5 kursi tersebut diperoleh dari caleg dapil Kendari yakni Sulaeha Sanusi, dari Dapil 2 Konsel-Bombana PDIP mampu memperoleh kursi dari caleg Hasrat. Dapil 3 ada La Ode Fredi Rifai, Dapil 4 kursi diraih oleh Nursalam Lada dan kursi ke lima diduduki oleh Gunaryo.

Olehnya itu, Hugua menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang sudah mempercayakan PDIP untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di parlemen. Caleg DPR RI terpilih ini juga, mengapresiasi kinerja caleg lain, kader dan simpatisan partai yang telah berjuang bersama untuk membesarkan partai hingga mengamankan kursi kedua di DPR RI.

“Terima kasih kepada teman-teman saya Ibu Nirna, Fajar Lasse, Erwin Usman, Oheo, Magdalena, mereka adalah pejuang-pejuang demokrasi yang membawa PDIP hingga keposisi ini,” tukasnya. (a)

 


Kontributor : Fadli Askar
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib