iklan zonasultra

Raih WTP Berturut-Turut, DPRD Konut Apresiasi Kinerja Pemda

Ikbar - Herman Sewan

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Perolehan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), sebanyak 3 tahun berturut-turut mendapat apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konut.

Ketua DPRD Konut, Ikbar mengatakan, prestasi di bidang pengeolaan keuangan yang diperoleh pasangan Ruksamin-Raup sebagai Bupati dan Wakil Bupati di wilayah itu, menunjukkan keberhasilan yang sangat luar biasa untuk daerah dan masyarakat.

Menurutnya, Ruksamin-Raup mampu membawa daerah Bumi Oheo itu meraih WTP hingga tiga kali berturut-turut di 2017, 2018 dan 2019. Tak hanya itu, kelihaian menempatkan pimpinan instansi di Badan Pengelolah Aset Daerah (BPKAD) seperti, Marthen Minggu dan jajarannya juga memberikan gambaran bahwa betul-betul untuk mengabdi untuk daerah

Baca Juga : Dipimpin Ruksamin-Raup, Konut Tiga Kali Raih WTP

“Kita sama-sama tau dan melihat tahun-tahun sebelumnya sejak Konut mekar pada 2007, Pemda Konut sering kali mendapat disclaimer atau temuan dari pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), mulai dari realisasi kegiatan fisik maupun non fisik sampai aset-aset daerah. Tapi sejak 2016 sampai 2019 mampu diperbaiki hingga memperoleh WTP dua kali. Ini kerja keras yang luar bias, kami apresiasi,”kata Ikbar diruang kerjanya, Selasa (31/12/2019).

Hal senada juga dikatakan Ketua Komisi l DPRD Konut, Herman Sewan. Menurutnya, sejak masa kepemimpinan Ruksamin-Raup pada 2016, tata kelolah keuangan mampu diatur dengan baik tanpa adanya kepentingan politik, pribadi atau kelompok. Sehingga, memperoleh opini wajar dengan pengecualian (WDP) sampai dengan naik status menjadi WTP dua kali berturut-turut.

Dengan raihan itu, lanjut Herman, menandakan wilayah tersebut bebas dari segala temuan baik dalam bentuk dana maupun barang. Dan membawa nama Daerah Konut di Bumi Anoa Sultra kembali harum dalam bidang tata kelola keuangan.

“Ini merupakan sebuah kemajuan yang sangat baik. Penghargaan WTP untuk yang ketiga kalinya dalam prestasi di bidang pengelolaan keuangan daerah menunjukkan pimpinan daerah bekerja dengan baik dan menempatkan orang-orang yang profesional,”ujarnya.

Raihan WTP juga menggambarkan jika alokasi dana yang disepakati dan ditetapkan di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rapat pembahasan anggaran dapat direalisasikan dengan baik, tepat waktu sesuai syarat ketentuan.

“Sebagai Ketua Komisi l dan Panitia Anggaran di DPRD saya mengapresiasi keberhasilan Pemda Konut. Ini juga tak lepas dari peran para SKPD, terutama Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu dan Kepala Inspektorat, Paul Patri Dinar. Melalui tanggan dingin mereka membantu pemerintah, sehingga tata kelola keuangan dan aset daerah dapat berjalan baik, dan kembali meraih WTP,”terangnya.

Baca Juga : Tiga Tahun Terakhir, APBD Konut Naik Ratusan Miliyar

Ditambahkan, DPRD sebagai lembaga kontrol pemerintah berharap agar pimpinan daerah setempat dan jajarannya tidak cepat berpuas diri. Melainkan, terua dijadikan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi dan maksimal demi kemajuan daerah dan kesejateraan masyarakat.

Sebelumnya, Pemda Konut kembali meraih opini Wajar WTP dari BPK Perwakilan Sultra. Prestasi itu, atas dasar pelaksanaan pemeriksaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Penghargaan tersebut, langsung diberikan oleh pihak BPK Perwakikan Sultra, bertempat di Kantor Perwakilan BPK Sultra.(b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib