iklan zonasultra

Rajiun Target 2020 Sarana Kesehatan di Mubar Tuntas 75 Persen

HKN - Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada bersama Wabup Achmad Lamani, Ketua DPRD Mubar Wa Ode Sitti Sariani Illaihi dan anggota DPRD, Sekda LM Husien Tali, Pimpinan Forkopimda saat melaksanakan jalan sehat dalam rangka memperingati HKN ke-55, Sabtu (14/12/2019). (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan. Bahkan pemda menargetkan pada 2020 sarana dan prasarana kesehatan di daerah itu tuntas 75 persen.

Bupati Mubar La Ode M. Rajiun Tumada mengatakan, sektor kesehatan menjadi fokus pembangunan Pemda Mubar untuk terus menata ketersediaan fasilitas dan infrastruktur guna memberikan pelayanan kesehatan yang optimal.

Iklan Zonasultra

Dikatakan Rajiun, peningkatkan pelayanan kesehatan di Mubar ditandai dengan berbagai pembangunan, seperti gedung Puskesmas Tikep, pembangunan gedung pelayanan rawat jalan Puskesmas Lawa, pembangunan rujab tenaga kesehatan Puskesmas Tiworo Tengah, dan rehabilitasi bangunan Puskesmas Tiworo Selatan.

“Insyaallah di tahun 2020 mendatang seluruh kelengkapan sarana dan prasarana sudah tuntas sampai 75 persen,” kata Rajiun dalam acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55, di Lapangan Sepak Bola Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah, Sabtu (14/12/2019).

“Kita juga terus meningkatkan sarana dan prasana di RSUD Mubar baik gedung maupun peralatannya. Semua itu kita lakukan untuk mendukung pelayanan kesehatan rujukan yang lebih baik. Di tahun 2019 ini juga kita akan melakukan akreditasi 7 puskesmas,” tambah Rajiun.

Melalui momentum HKN ke-55 ini, Rajiun berharap seluruh petugas kesehatan dan jajarannya bersama-sama mendukung dengan berperan aktif menyampaikan pesan kebaikan pelayanan kesehatan dan peningkatan infrastruktur lain untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Mubar, Hidayat menjelaskan, peringatan HKN ke-55 diawali dengan jalan sehat sesuai tema HKN tahun ini yakni Generasi Sehat, Indonesia Unggul.

Rajiun Target 2020 Sarana Kesehatan di Mubar Tuntas 75 Persen“Kita juga akan melakukan berbagai macam kegiatan salah satunya melakukan kunjungan ke rumah-rumah masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Jika kita menemukan ada warga yang sakit, kita langsung melakukan perawatan medis,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Mubar, pihaknya tengah gencar melakukan penilaian akreditasi pada tujuh puskesmas.

Sejauh ini penilaian puskesmas sudah dilaksanakan di empat puskesmas, dan salah satu puskesmas yakni Puskesmas Maginti mendapatkan penilaian dengan kategori utama (bintang tiga).

“Alhamdulillah dari hasil penilaian akreditas kita sudah mendapatkan nilai yang sangat baik. Kita berharap enam puskesmas lainnya juga bisa mendapak hasil penilaian seperti Puskesmas Maginti ini,” harapnya.

Peringatan HKN ke-55 ini ditandai dengan jalan sehat yang dihadiri oleh Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada, Wabup Achmad Lamani, Ketua DPRD Mubar Wa Ode Sitti Sariani Illaihi dan anggota DPRD, Sekda LM Husien Tali, pimpinan forkopimda, kepala SKPD, camat, lurah, seluruh puskesmas dan kader kesehatan, serta masyarakat umum. (b)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib