Rakor KPU Butur, Bahas DPSHP Menuju DPT Pemilu 2019

90
Rakor KPU Butur, Bahas DPSHP Menuju DPT Pemilu 2019
RAPAT KOORDINASI - Suasana Rapat Koordinasi penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir menuju Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu tahun 2019, di salah satu hotel di Butur, Jumat (11/8/2018). (Foto Istimewa).

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di salah satu hotel di Butur, Jumat (10/8/2018).

Rapat itu membahas persiapan rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 dengan penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir.

Komisioner KPU Butur LM Miswar Adhi Putra mengungkapkan, rapat itu diselenggarakan untuk membahas seputar persoalan DPSHP, sebelum ditetapkan menjadi DPT Pemilu 2019.

Selain memberikan pemahaman kepada PPK, khususnya dalam penyusunan DPSHP akhir, rapat itu dilakukan juga untuk memastikan hasil yang ditetapkan di DPSHP sebelumnya, apakah masih terdapat kekurangan.

“Kekurangan itu seperti masyarakat yang belum terdaftar namanya sebagai daftar pemilih agar dimasukan, asal sesuai dengan sarat yang ditetapkan,” ungkap Miswar.

Selanjutnya, jika diketemukan data yang tidak memenuhi syarat dalam penyusunan DPSHP akhir menuju DPT, seperti pemilih meninggal dunia, pemilih tidak berdomisili di desa/kelurahan, pemilih ganda, pemilih terdaftar tetapi tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih, akan dihapus.

“Perbaikan-perbaikan ini sebelum dilakukan pleno terbuka tingkat PPS tentang DPSHP akhir pada tanggal 12 Agustus 2018, dan Pleno terbuka tingkat PPK pada tanggal 13-14 agustus 2018,” jelasnya.

Rakor itu sendiri, lanjut Ketua Kordiv Data KPU Butur itu, mengacu pada UU No 7 Tahun 2018 tentang Pemilihan Umum dan juga PKPU No 11 tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Mengingat pentingnya daftar pemilih ini, Miswar menaruh harapan kepada seluruh PPK Se-Buton Utara, usai pelaksanaan rakor, agar segera mengarahkan PPS desa/kelurahan di wilayahnya masing-masing, untuk melaksanakan tugas dengan serius.

“Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan daftar pemilih yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggung jawabkan” tandasnya.

Diketahui, rapat ini lengkap dihadiri komisioner KPU Butur yang terdiri dari Hasruddin, LM Miswar Adhi Putra, dan Muh Sairman Sahadia, Sekretaris KPU Butur, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, serta PPK di daerah itu. (B)

 


Reporter : Irsan Rano
Editor : Abdul Saban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini