Tampilan Desktop



Rakor KPU RI di Wakatobi Sekaligus Ajang Promosi Wisata
103 Dibaca

 Rakor KPU RI di Wakatobi Sekaligus Ajang Promosi Wisata

RAKOR : Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Sigit Pamungkas (Kiri) saat tiba di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (22/3/2017). Kedatangan Sigit guna membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPU terkait program peningkatan partisipasi pemilih. (Duriani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Sigit Pamungkas tiba di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (22/3/2017). Kedatangan Sigit guna membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KPU terkait program peningkatan partisipasi pemilih.

Sigit mengungkapkan jika kegiatan itu sangat penting dalam rangka penyusunan peningkatan partisipasi pemilih dalam pemilu maupun pilkada.

“Agenda ini sangat penting karena partisipasi pemilih merupakan rencana strategi pembangunan nasional untuk memperkuat demokrasi dan memperkuat Negara Kesatuan Rebulik Indonesia (NKRI),” terang Sigit sesaat setelah tiba di Bandara Matahora Wakatobi.

Kegiatan itu lanjut Sigit, sekaligus ajang untuk melegitimasi pemahaman masyarakat pemilih terhadap pelaksanaan pemilu maupun pilkada. “Kalau legitimasi masyarakat luas terhadap proses pemilu dan demokrasi sudah matang, maka kita harapkan persatuan diantara masyarakat itu semakin kokoh,” ucapnya.

Menurut Sigit, KPU RI telah menetapkan target dalam menghadapi pelaksanaan pemilu dan pilkada ke depan. Target itu merupakan rencana jangka panjang pembangunan nasional.

“Target partisipasi pemilih untuk setiap pemilu kedepan 77,5 persen. Taksiran itu masuk dalam rencana jangka panjang pembangunan nasional. Dari periode pemilu ke pemilu sebelumnya, trend itu mendekati tercapai. Di Pileg kemarin kita mencapai 75 persen, kemudian di Pilkada 2015 sekitar 70 persen. Di Pilkada 2017 mendekati 75 persen juga. Jadi ada peningkatan, harapan kita bahwa sisa sekitar 3 persen ini bisa kita kerja dengan strategi yang tepat untuk mendorong partisipasi pemilih,” terangnya.

Dia menambahkan, kegiatan yang akan dihadiri seluruh komisioner dan sekretariat KPU provinsi se-Indonesia itu diselenggarakan di Wakatobi sekaligus untuk mempromosikan Wakatobi sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan di Indonesia.

“Kegiatan ini akan berlangsung mulai 22-24 Maret 2017. Kita pilih Wakatobi untuk penyelenggaraan kegiatan ini, selain mendistribusi agenda-agenda kerja KPU RI, Wakatobi juga dapat dipromosikan sebagai destinasi pariwisata nasional,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Duriani
Editor : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com