iklan zonasultra

iklan zonasultra

Rakornas Persiapan Pilkada, KPU Sultra Makin Siap

Ketua KPU Sultra Hidayatullah
Hidayatullah

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dihelat oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dihadiri oleh seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) 171 daerah peserta Pilkada. Dalam kesempatan ini hadir Ketua KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) Hidayatullah dan tiga KPU daerah yang akan menyelenggarakan pemilihan Bupati/Walikota yakni Baubau, Kolaka dan Konawe.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah
Hidayatullah

Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018, Hidayatullah mengaku siap melaksanakannya. Koordinasi sesama penyelenggara maupun pemerintah kerap dilakukan baik koordinasi yang difasilitasi oleh pusat maupun mandiri.

“Sebenarnya poin penting rakornas ini menyamakan persepsi pemerintah, KPU dan Panwas sebagai penyelenggara serta pihak keamanan,” ujar Dayat di sela-sela acara Rakornas Persiapan Pilkada Serentak 2018 yang digelar di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

Namun yang tidak kalah penting, kata Dayat adalah menyelesaikan masalah-masalah yang sering terjadi. “Masalah-masalah di tingkat daerah, ada regulasi-regulasi yang belum dimengerti kita bisa konsultasikan disini,” imbuhnya.

Dalam Rakornas ini, Dirjen Otonomi Daerah, Sumarsono bersama Dirjen Bina Keuangan Daerah Indra Baskoro, Ketua KPU RI Arief Budiman dan Ketua Bawaslu RI Abhan membuka sesi tanya jawab terkait permasalahan Pilkada. Banyak di antaranya adalah masalah anggaran, terutama Panwas yang masih belum menyelesaikan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Sementara untuk KPU, NPHD untuk Pilkada mendatang baik Pilgub Sultra maupun Bupati/Walikota sudah terselesaikan.

“Untuk NPHD KPU, tidak ada masalah. Tinggal menjalankan saja,” pungkas Ketua KPU asal Muna ini. (B)

 

Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib