iklan zonasultra

Ramp Door Pelabuhan Katoi Kolut Rusak, Arus Penumpang Terganggu

Ramp Door Pelabuhan Katoi Kolut Rusak, Arus Penumpang Terganggu
RAMP DOOR PUTUS - Sejumlah penumpang Kapal Motor (KM) Camelia terpaksa melintasi air laut setinggi lutut orang dewasa di Dermaga Pelabuhan Katoi, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utata (Kolut) akibat rantai Ramp door putus, Minggu (28/10/2018). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Sejumlah penumpang Kapal Motor (KM) Camelia terpaksa melintasi air laut setinggi lutut orang dewasa di Dermaga Pelabuhan Katoi, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utata (Kolut) akibat rantai Ramp door putus, Minggu (28/10/2018).

KM Camelia sendiri bertolak dari Pelabuhan Siwa, Sulawesi Selatan dan tiba di Pelabuhan Katoi sekitar pukul 17:00 Minggu sore, di saat bersamaan air laut pasang.

Salah satu petugas IMB kapal bagian mesin Misno mengatakan, KM Camelia tiba di pelabuhan saat itu juga mobil keluar, namun salah satu truk begitu depan Ramp Door tiba-tiba rantai sebelah kanan putus lantaran Ramp Door lebih rendah dari pintu keluar kapal. Akibat kejadian tersebut penumpang kapal sempat panik.

“Baru sekitar enam mobil yang keluar dari kapal tiba-tiba rantai Ramp Door putus,jadi mobil yang lain ditunggu sampai air pasang karena kandas”kata Misno kepada awak zonasultra.Com

Lanjutnya, akibat peristiwa ini sejumlah penumpang merasa kesulitan karena harus melewati genangan air saat keluar dari kapal, dan beberapa barang bawaaan penumpang serta kendaraan bermotor harus diangkat secara manual.

Sementara itu, wakil Bupati Kolut H Abbas yang juga menumpang di kapal tersebut mengaku, pihaknya segera melakukan perbaikan sebelum pemberangkatan besok. Hal ini berhubungan dengan pelayanan masyarakat.

“Saya sudah telpon kadis perhubungan untuk secepatnya mengambil tindakan perbaikan malam ini,” ujarnya.

Diakui Abbas, penyebab sering terjadinya kerusakan di pelabuhan Katoi karena peralatan dan alat sudah cukup tua sehingga harus ada pembenahan

“Kita upayakan 2019 ada pembenahan pelabuhan ini karena kondisinya sudah memprihatinkan di mana satu-satunya pelabuhan penyeberangan yang ada di Kolut tentu akan mengganggu kalau sering rusak,” tandasnya

Sebagai tambahan, Ramp Door ini adalah sebagai jembatan penghubung antara dermaga dan kapal. Ramp door umumnya terletak pada haluan atau buritan kapal, saat merapat di dermaga ramp door akan membuka ke bawah. Saat ramp door terbuka, maka kendaraan akan keluar dari lambung kapal. (B)

 


Reporter : Rusman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib