iklan zonasultra

Ratusan Wisman Bakal Berkunjung ke Festival Budaya Tua Buton 2019

Ratusan Wisman Bakal Berkunjung ke Festival Budaya Tua Buton 2019
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Semarak pesona Festival Budaya Tua Buton 2019 akan dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman). Ada ratusan wisman yang akan memijakkan kaki pada 19-24 Agustus nanti.

Kepala Dinas Pariwisata Buton, La Ode Zainuddin Napa mengatakan, sudah ada 66 kapal yacht yang mengkonfirmasi untuk berlabuh di Teluk Buton. Satu kapal bermuatan dua sampai lima orang.

Menurut Zainuddin Napa, ratusan wisman ini berasal dari berbagai negara seperti Australia, Inggris, Amerika Serikat, dan Swedia. Mereka merupakan penggiat jalan-jalan wisata atau traveller.

iklan zonasultra

Baca Juga : Laoti dan Waoti, Duta Daerah yang Dipilih di Festival Budaya Tua Buton

“Ada satu kapal dua orang, ada satu kapal lima orang,” ujar Zainuddin dikonfirmasi Sabtu (3/7/2019).

Di antara para wisman itu, kata Zainuddin, pada perayaan Festival Budaya Tua Buton 2018 pernah menginjakkan kaki di Buton. Kala itu, terhitung ada 34 kapal yacht berlabuh di Teluk Buton.

“Makin banyak yang datang ini mungkin karena mereka mencitrakan hal baik soal Buton. Itu sebenarnya yang kita harapkan,” kata Zainuddin.

Bahkan pada gelaran Festival Budaya Tua Buton tahun lalu, kata Zainuddin, para wisman ini juga memberi saran tema untuk gelaran 2019.

Menurutnya, saran itu muncul lantaran para wisman terkesima. Mereka memberikan testimoni tentang Festival Budaya Tua Buton dalam tulisan tangan yang sekarang dibukukan oleh Dispar Buton.

Baca Juga : 5.000 Penari Kolosal Bakal Meriahkan Festival Budaya Tua Buton

“Mereka tekesan. Sebab, katanya, selama mereka berkeliling dunia, baru di Buton ini mereka melihat ritual adat terbesar di planet ini,” kenang Zainuddin.

“Kami sudah gencar melakukan promosi. Kita harapkan ini bisa menggaet para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri,” tambahnya. (b)

 


Penulis : M6
Editor : Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib